Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

Tahun 2023, Penggunaan Bus Macito Berbasis Aplikasi

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Yunan Helmy

01 - Jan - 2023, 19:33

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang R Widjaja Saleh Putra saat ditemui di Malang Creative Center (MCC), Kamis (8/12/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang R Widjaja Saleh Putra saat ditemui di Malang Creative Center (MCC), Kamis (8/12/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Tahun 2023 ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Perhubungan (Dishub) akan memberlakukan sistem berbasis aplikasi bagi wisatawan maupun masyarakat umum yang berniat menggunakan fasilitas bus Malang City Tour (Macito).

Hal itu disampaikan Kepala Dishub Kota Malang R Widjaja Saleh Putra. Menurut Widjaja, langkah tersebut dapat memudahkan wisatawan dalam negeri dan luar negeri maupun masyarakat umum Kota Malang yang akan menggunakan fasilitas bus Macito.

Bus Macito.

Widjaja mengatakan, penerapan aplikasi dalam penggunaan bus Macito ini pun merupakan hasil kolaborasi dari Dishub Kota Malang dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang.

Baca Juga : Ning Ita Ajak Warga Nahdliyin Ramaikan  Peringatan Satu Abad NU 

"Dishub bekerja sama dengan Diskominfo telah membuat aplikasi Macito yang berfungsi untuk pendaftaran secara online," ujar Widjaja.

Mantan kepala bagian Unit Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Kota Malang ini menjelaskan, wisatawan dalam dan luar negeri maupun masyarakat umum Kota Malang dapat  melakukan pencarian pada Google Playstore dengan menuliskan nama aplikasi Macito.

"Sekarang bisa download dulu aplikasinya, instal, dan daftar di aplikasi tersebut. Nanti juga bisa memilih mau naik Macito yang warna apa," jelas Widjaja.

Mendampingi Wali Kota Malang Sutiaji.

Lebih lanjut, Widjaja juga mengatakan bahwa pada Sabtu (31/12/2022) baru saja diluncurkan dua unit armada bus Macito terbaru di halaman Balai Kota Malang dengan dua warna berbeda, yakni hijau muda dan hijau tosca.

Baca Juga : Ini Syarat Naik Kereta dan Pesawat usai PPKM Dicabut

Pengadaan dua unit bus Macito tersebut menggunakan Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) APBD Tahun Anggaran 2022, masing-masing Rp 1,2 miliar dengan total keseluruhan Rp 2,4 miliar.

Sebelumnya juga telah diluncurkan bus Macito berwarna biru tua pada 1 April 2022 dan sudah beroperasi memfasilitasi wisatawan dalam dan luar negeri maupun masyarakat umum untuk berkeliling melihat kawasan-kawasan heritage di Kota Malang.

Ke depan, pada pertengahan Januari 2023, juga ditambah dua unit armada bus Macito yang merupakan bantuan corporate social responsibility (CSR) J99 Corp. Alhasil, pada tahun 2023 ini, Kota Malang memiliki lima unit armada bus Macito yang dapat digunakan oleh wisatawan maupun masyarakat umum secara gratis.


Topik

Wisata


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Yunan Helmy