Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Tambang Batu Bara Sawahlunto Sumbar Meledak, Begini Kronologinya

Penulis : Mutmainah J - Editor : Dede Nana

09 - Dec - 2022, 17:01

Kondisi tambang batu bara usai mengalami ledakan. (Foto dari internet)
Kondisi tambang batu bara usai mengalami ledakan. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Tambang batu bara yang dikelola PT Nusa Alam Lestari (PT NAL) di Kota Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar) meledak, Jumat (9/12/2022). Ledakan terjadi sekitar pukul 08.30 WIB pada lubang SD C2 atau lori 2. Sejumlah pekerja tambang dilaporkan menjadi korban dan masih tertimbun. 

Kepala Dinas ESDM Sumatera Barat, Heri Martinus mengonfirmasi kabar tersebut. "Saya mendapat kabar dari Inspektur Tambang Kementrian ESDM. Informasinya memang benar dan beliau mengkonfirmasikan kepada saya. Ada ledakan tambang di Sawahlunto," kata Heri, dikutip dari detikcom. Jumat (9/12/2022).

Baca Juga : Fakta-Fakta Bom Bunuh Diri di Astana Anyar Bandung

Heri mengatakan penyebab ledakan masih diselidiki aparat kepolisian. Saat ini, kepolisian masih melakukan evakuasi terkait adanya kemungkinan korban lain di lokasi kejadian.

Sementara menurut Kepala Divisi Humas Mabes Polri Inspektur Jenderal Dedi Prasetyo empat orang dilaporkan meninggal dunia. Sementara sembilan orang lainnya mengalami luka-luka. Dedi juga mengatakan pada lokasi kecelakaan tambang itu terdapat 15 pekerja.

“Terdapat 15 orang dari pekerja lubang dalam. Yang berhasil keluar dari dalam lubang sembilan orang dengan rincian lima luka-luka, empat meninggal. Sementara enam lainnya masih proses evakuasi,” kata Dedi.

Lalu, Dedi menceritakan kronologi meledaknya tambang batu bara itu. Kejadian ini bermula sekitar pukul 09.00 WIB ketika para pekerja lubang memulai aktivitas penambangan oleh (Kepala Teknik Tambang) KTT PT NAL atas nama Dian Firdaus. 

Namun lubang mengeluarkan kepulan asap dan diiringi letupan kecil dari dalam lubang tambang. Pada saat letupan terjadi beberapa pekerja sudah ada yang masuk ke dalam lubang.

Baca Juga : Tak Ingin Berwisata Diguyur Hujan di Kota Batu, Pekan Ini Menjadi Kesempatan Tepat

“Selanjutnya KTT memerintahkan kepala lubang untuk melakukan pengecekan ke dalam lubang,” ujar Dedi.

Saat berita ini ditulis, tim rescue masih proses pengevakuasian korban. Tim penyelamat belum mengetahui kondisi pekerja yang terjebak.


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Dede Nana