Jatim Times Network Logo
08/02/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Hari Anti-Korupsi Dunia, Jokowi: Korupsi Jadi Pangkal Masalah Pembangunan 

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Nurlayla Ratri

09 - Dec - 2022, 09:55

Presiden Indonesia Joko Widodo (foto: Instagram Joko Widodo)
Presiden Indonesia Joko Widodo (foto: Instagram Joko Widodo)

JATIMTIMES - Hari Anti-Korupsi Dunia diperingati setiap 9 Desember. Peringatan ini ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) agar setiap warga negara meningkatkan kesadaran terhadap korupsi. 

Melansir Instagram Presiden Joko Widodo (Jokowi), korupsi adalah pangkal dari berbagai tantangan dan masalah pembangunan. Mulai dari urusan penciptaan lapangan kerja, mutu pekerjaan, pelayanan masyarakat, hingga harga kebutuhan pokok. 

Baca Juga : Terlibat Suap Penanganan Perkara , Hakim Agung Gazalba Saleh Ditahan KPK

"Kita takkan pernah lelah dan lengah untuk terus-menerus mendorong Indonesia yang bersih dan maju. Selamat Hari Antikorupsi Sedunia 2022," terang Jokowi. 

Berdasarkan data Transparency International, Indonesia memiliki peringkat tergolong tinggi angka korupsinya di Indeks Persepsi Korupsi. Peringkat korupsi Indonesia yakni berada di urutan 96 dari 180 negara. 

Peringkat itu menunjukkan bahwa Indonesia lebih korup dibandingkan Malaysia di urutan 62, Timor Leste di urutan 82, Vietnam di urutan 87 dan Singapura di urutan 4 (bersih dari korupsi).

Dalam survei tersebut, negara-negara eropa mendominasi peringkat bebas korupsi. Seperti Denmark, Finlandia dan Selandia Baru. Namun ada juga perwakilan dari ASEAN, yakni Singapura yang berada di peringkat 4 bebas korupsi. 

Berikut ini rincian 10 besar negara yang paling sedikit terjadi korupsi. 

1. Denmark, Finlandia, Selandia Baru 

2. Norwegia, Singapura dan Swedia 

3. Swiss

4. Belanda 

5. Luksemburg

6. Jerman 

7. Inggris

8. Australia

9. Uruguay

10. Uni Emirat Arab 


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Nurlayla Ratri

Berita Lainnya