Jatim Times Network Logo
08/02/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Olahraga

Aremania Boikot Liga 1, Sebut Tragedi Kanjuruhan Belum Tuntas

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Yunan Helmy

06 - Dec - 2022, 07:59

Sejumlah Aremania saat melakukan aksi demo tentang tragedi Kanjuruhan. (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)
Sejumlah Aremania saat melakukan aksi demo tentang tragedi Kanjuruhan. (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)


JATIMTIMES - Sejumlah Aremania menegaskan tidak mendukung saat Liga 1 2022/2023 kembali digulirkan. Mereka menganggap kasus tragedi Kanjuruhan 1 Oktober 2022 lalu belum tuntas.

Seperti diketahui, kompetisi Liga 1 musim 2022/2023 resmi bergulir kembali per 5 Desember 2022 kemarin. Hal ini secara resmi diumumkan oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) setelah mendapat izin dari kepolisian dan Menko Polhukam Mahfud MD.

Baca Juga : Gas Menyembur dari Galian Tanah yang Akan Dijadikan Sumur di Madura

Kompetisi sepak bola paling akbar di Indonesia itu sempat terhenti selama dua bulan pasca-tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 135 nyawa. 

Aremania Muharto bernama Muhammad Jamaluddin menegaskan bahwa seharusnya Liga 1 dibekukan terlebih dahulu hingga keadilan korban Kanjuruhan terselesaikan secara tuntas.

“Kami yang ada di TGA (Tim Gabungan Aremania) kan dipercaya oleh keluarga korban untuk memperjuangkan usut tuntas ini. Jadi, kami tidak akan mendukung liga ini berjalan,” ujar Udin, sapaan akrabnya, Selasa (6/12/2022).

Udin menganggap Blbergulirnya Liga 1 sangat menyakiti hati para suporter. Sebab, selama hampir dua bulan lamanya, mereka sedang berjuang untuk meraih keadilan bagi para korban.

Udin pun menganggap bahwa proses hukum masih berjalan di tempat. Dengan kata lain, tidak ada kejelasan hingga saat ini terkait kasus tragedi Kanjuruhan.

“Mereka tidak tahu kalau di Malang sampai hari ini Aremania terus bekerja keras mencari keadilan. Kami terus mengurus usut tuntas yang sampai saat ini belum selesai, apalagi sampai persidangan juga belum,” ungkap Udin.

Baca Juga : Ujian Mental Perdana Tim Arema FC Pasca Tragedi Kanjuruhan

Menurut Udin, pihaknya tak bisa memaksakan keputusan PT LIB. Dan ia juga masih mempersilakan Aremania yang mendukung.

Namun, ia memastikan bahwa Aremania masih akan terus berjuang tanpa memedulikan liga bergulir kembali.

“Kalau Aremania mau dukung pertandingan lanjutan, monggo silakan. Keputusan dari PT LIB itu hak mereka juga. Tapi, setidaknya kami diajak ngomong karena kamj ini sedang berduka dan kami korban,” tandas Udin.


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Hendra Saputra

Editor

Yunan Helmy

Berita Lainnya