Sinergi dengan Pemprov, Mahasiswa Vokasi Bakal Berdayakan 1.829 LMDH - 5.278 KHT dan 347 KPS | Tulungagung TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Sinergi dengan Pemprov, Mahasiswa Vokasi Bakal Berdayakan 1.829 LMDH - 5.278 KHT dan 347 KPS

Sep 22, 2022 18:58
Dinas Kehutanan Prov Jatim bersama Fakultas Vokasi UB menjalin MoU(Ist)
Dinas Kehutanan Prov Jatim bersama Fakultas Vokasi UB menjalin MoU(Ist)

JATIMTIMES - Fakultas Vokasi UB, sebagai pengelola berbagai program studi ilmu terapan, membutuhkan sangat banyak laboratorium terpadu. 

Hal ini untuk menyiapkan prototipe produk dan jasa, dan laboratorium lapangan untuk menerapkan hasil produk, jasa teknologinya bagi masyarakat. 

Baca Juga : Sampai di Kota Batu, Kirab Bendera Pataka Jer Basuki Mawa Beya Diberangkatkan ke Kediri

Salah satu implementasi kebijakan progresif ini, dilakukan jalinan kerja sama dengan Fakultas Vokasi dengan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Kamis, (22/9/2022). 

Mahasiswa vokasi dari 5 program studi, bakal mendukung dalam pemberdayaan 1.829 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), 5.278 Kelompok Tani Hutan (KTH) dan 347 Kelompok Perhutanan Sosial (KPS) yang tersebar di seluruh wilayah dan berada di bawah binaan Dinas Kehutanan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

"Banyak perangkat (di Dinas Kehutanan) yang bisa disinergikan dengan berbagai program studi dan keahlian. Karena itu, dalam konteks pemberdayaan masyarakat dan peningkatan skill mahasiswa bisa dicapai bersama-sama," jelas Dekan Fakultas Vokasi, Prof Dr Unti Ludigdo SE MSi Ak.

1

Sumber daya mahasiswa dan dosen yang memiliki teknologi, keahlian terapan dan pengalaman, diharapkan akan mampu bersinergi dengan tim dinas untuk melakukan berbagai kajian penelitian terapan dan pengembangan teknologi bagi pemberdayaan masyarakat.

"Untuk konkretnya, pemberdayaan dan pendampingan dosen dan mahasiswa Vokasi UB, terhadap KTH Panderman di Kota Batu yang telah berhasil meningkatkan sistem manajemen, penerapan teknologi, desain produk dan sistem pemasaran Area Model Konservasi dan Edukasi (AMKE)," paparnya.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Dr Ir Jumadi MMT menyampaikan perihal fungsional hutan. Dijelaskannya, hutan memiliki ragam fungsi yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. 

Fungsi strategis ini harus dipahami oleh seluruh masyarakat, terutama dosen dan mahasiswa agar tumbuh dan terbangun kesadaran. Kemudian dengan kompetensi, ketrampilan, dan teknologi yang dimilikinya memberikan perhatian besar untuk berbagai kegiatan pemeliharaan hutan. 

Baca Juga : Serahkan 7 Unit Rutilahu, Gubernur Khofifah Upayakan Tempat Tinggal Layak Huni bagi Masyarakat Tak Mampu

Fungsi strategis hutan setidaknya ada 5, yaitu Woodfuel, Sosial Ekonomi, Filtrasi Air, Biodiversity dan Environment. Sebagai woodfuel, hutan menjadi gantungan hidup 2,4 milyar orang di dunia. Fungsi sosial ekonomi, hutan memberikan kehidupan ekonomi dan sosial langsung bagi 820 juta penduduk.

Kemudian, sebagai filtrasi air hutan telah menghidupkan ribuan sungai dan 75 persen sebagai filtrasi air bersih, fungsi biodiversity hutan menjadi ekosisten bagi 12 persen spesies mamalia, 13 persen spesies reptil dan 15 persen spesies burung. Fungsi environment, hutan menyimpan 289 Gigaton karbon dan memegang peranan penting untuk menjaga kebersihan, kestabilan dan iklim dunia.

3

Maka, untuk terus menjaga dan melestarikan hutan bagi kehidupan, perlu berbagai kegiatan bersama untuk penelitian, pemberdayaan dan pengembangan teknologi terapan kerjasama antara perguruan tinggi dan dinas kehutanan serta masyarakat.

Pentingnya bersinergi dengan seluruh masyarakat, terutama perguruan tinggi, dalam membangun dan mengembangkan kesadaran akan pentingnya hutan lestari dan pemberdayaan masyarakat sekitar hutan, dalam mewujudkan pembangunan ekonomi berkelanjutan dan berkesejahteraan masyarakat. 

"Perguruan tinggi, terutama Fakultas Vokasi UB, memiliki kuantitas sumber daya sangat besar dan ilmu terapan yang sangat penting dalam mengembangkan serta memberdayakan berbagai kelompok masyarakat binaan Dinas Kehutanan," pungkasnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
fakultas vokasi ub JATIMTIMES

Berita Lainnya