Reaksi Mengejutkan Bangsa Jin ketika Pertama Mendengar Bacaan Al-Qur'an | Tulungagung TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Reaksi Mengejutkan Bangsa Jin ketika Pertama Mendengar Bacaan Al-Qur'an

Sep 22, 2022 06:51
Ilustrasi jin (pixabay)
Ilustrasi jin (pixabay)

 JATIMTIMES - Bukhari dan Tirmidzi dari Ibnu Abbas meriwayatkan bahwa jin merasa begitu takjub dan tercengang ketika pertama mendengar bacaan Al-Qur'an. 

Kisah ini bermula saat Rasulullah SAW bersama para sahabat hendak pergi ke Pasar Ukadz. Pasar di Makkah ini merupakan tempat orang Arab Jahiliyah melakukan jual beli dan membaca syair.

Baca Juga : Aksi Rizky Febian Ngebet Cium Mahalini di Atas Panggung Pancing Komentar Netizen

Saat hendak ke pasar itu, Rasulullah melihat banyak meteor melayang di udara. Hal ini pun dipahami akibat jin yang berulah. Seperti diketahui, sejak kelahiran Rasulullah SAW, bangsa jin tak lagi bebas mendapatkan berita dari langit. Padahal, dahulu mereka sangat mudah mendapatkan berita dari langit. 

Setiap kali bangsa jin ingin mengatahui kabar atau berita dari langit, mereka selalu berupaya mencuri dengar. Tetapi, hal tersebut selalu gagal. Sebab, setiap kali bangsa jin ingin mencuri dengar, selalu datang meteor dan batu bencana yang melayang dengan cepat di udara. 

Dari penjelasan beberapa hadis, meteor tersebut menjadi teguran dari Allah terhadap bangsa jin. Meteor menjadi semacam panah yang dilesatkan kepada para bangsa jin yang mencuri dengar berita dari langit.

Hal itu pun membuat para jin kesulitan mendapatkan berita dari langit. Sehingga sulit untuk para jin melakukan tipu muslihat kepada manusia.

Kejadian ini kemudian membuat para jin kacau. Para pemimpin jin berdiskusi dan kemudian memerintahkan pasukan jin untuk mencari tahu mengenai hal tersebut. Mereka kemudian diperintahkan untuk menyebar di segala penjuru.  Hingga kemudian terdapat jin yang tiba di Lembah Tihamah. 

Pasukan jin tersebut sempat melihat rombongan Rasulullah bersama para sahabat yang berada di perkebunan kurma. Saat itu, jin  mendapati Rasulullah tengah beribadah bersama para sahabat. 

Hal ini juga disebutkan dalam Tafsir Al Azhar Jilid 9 yang ditulis oleh Buya Hamka bahwa jin tersebut kemudian sempat menyimak bacaan Al-Qur'an. Dengan saksama, jin mendengarkan dan merasa sangat takjub akan bacaan tersebut.

"Kami telah mendengar Al-Qur'an. Sungguh menakjubkan sekali kandungannya. Dia memberi petunjuk kepada jalan yang bijaksana, jalan yang cerdik dan benar. Karena telah percaya akan isi Al-Qur'an itu, mulai sekarang kami tidak mau lagi mempersekutukan Allah kami dengan yang lain sesuatu jua," kata jin yang mendengar bacaan Al-Qur'an itu.

Allah kemudian menurunkan wahyu kepada Rasulullah melalui Surat al-Jinn ayat 1: "Katakanlah (Muhammad), telah diwahyukan kepadaku bahwa sekumpulan jin telah mendengarkan (bacaan),” lalu mereka berkata, ‘Kami telah mendengarkan bacaan yang menakjubkan (Al-Qura’n).'"

Baca Juga : Sejarah Sepeda Motor Pertama di Indonesia, Bermesin 1.489 CC Dijuluki Kereta Setan

Bangsa jin tersebut kemudian berkata kepada bangsanya untuk diam dan mendengarkan bacaan Al-Qur'an yang dilantunkan Rasulullah bersama para sahabat dengan sungguh-sungguh. "Diamlah," kata jin. 

"(Ingatlah) ketika kami hadapkan kepadamu (Nabi Muhammad) sekelompok jin yang mendengarkan (bacaan) Al-Qur'an. Ketika menghadirinya, mereka berkata, "Diamlah!" Ketika (bacaannya) selesai, mereka kembali kepada kaumnya sebagai pemberi peringatan.'

Mereka berkata, "Wahai kaum kami, sesungguhnya kami telah mendengarkan Kitab (Al-Qur'an) yang diturunkan setelah Musa sebagai pembenar (kitab-kitab) yang datang sebelumnya yang menunjukkan pada kebenaran dan yang (membimbing) ke jalan yang lurus.

Wahai kaum kami, penuhilah (seruan Nabi Muhammad) yang mengajak pada (agama) Allah dan berimanlah kepada-Nya, niscaya Dia akan mengampuni sebagian dosa-dosamu dan menyelamatkanmu dari azab yang pedih.

Siapa yang tidak memenuhi (seruan Nabi Muhammad) yang mengajak pada (agama) Allah tidak kuasa (melepaskan diri dari siksa Allah) di bumi dan tidak ada para pelindung baginya selain Allah. Mereka itu berada dalam kesesatan yang nyata." (QS Al Ahqaf ayat 29-32).

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Al Qur'an bangsa jin

Berita Lainnya