Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Rumah Sedekah NU Upayakan Pemenuhan BPJS Kesehatan Bagi Penderita Kanker Ganas di Tirtoyudo

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Nurlayla Ratri

20 - Sep - 2022, 20:51

Ketua Harian Rumah Sedekah NU Agus Susanti bersama mitra dan Relawan Anak Bangsa saat memberikan bantuan kepada keluarga korban di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Saiful Anwar Malang, Selasa (20/9/2022). (Foto: Dok. Rumah Sedekah NU)
Ketua Harian Rumah Sedekah NU Agus Susanti bersama mitra dan Relawan Anak Bangsa saat memberikan bantuan kepada keluarga korban di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Saiful Anwar Malang, Selasa (20/9/2022). (Foto: Dok. Rumah Sedekah NU)

JATIMTIMES - Rumah Sedekah Nahdlatul Ulama (NU) turun langsung memberikan bantuan kepada seorang pria bernama Cahya Khoiru Nur Amin (23) warga Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang yang saat ini tengah dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Dr Saiful Anwar (RSSA) Malang akibat penyakit kanker ganas yang menyerang lututnya. 

Ketua Harian Rumah Sedekah NU Agus Susanto mengatakan, hadirnya Rumah Sedekah NU untuk turun langsung memberikan bantuan merupakan bukti nyata kepedulian Rumah Sedekah NU dalam memberikan bantuan maupun membangun empati bersama-sama. 

Baca Juga : Untuk Bisa Capai Target UHC, Kadinkes Bangkalan Butuh Tambahan Anggaran 

Terlebih lagi, yang bersangkutan dalam hal ini Cahya masih belum menjadi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. 

"Kemudian dia masih dirawat sebagai pasien umum, sebelumnya pernah dirawat di rumah sakit daerah Kepanjen menggunakan jamkesda, karena kuotanya kurang dan terindikasi kanker ganas, akhirnya dirujuk ke RSSA," ungkap Agus kepada JatimTIMES.com, Selasa (20/9/2022). 

Selain itu, karena sifatnya mendesak, pihaknya juga memberikan bantuan uang tunai sebesar Rp 5 juta dan satu paket sembako yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan Cahya beserta keluarga. 

Cahya.

Agus menjelaskan, bahwa pihak Rumah Sedekah NU dalam waktu dekat bersama Relawan Anak Bangsa akan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang untuk pemenuhan kepesertaan BPJS Kesehatan Cahya. 

"Kita akan bekerja sama dengan Relawan Anak Bangsa untuk mengupayakan BPJS Kesehatan (Cahya) ke Pemkab Malang agar bisa segera jadi. Karena saat ini masih dirawat sebagai pasien umum," terang Agus. 

Terlebih lagi, berdasarkan informasi yang didapat bahwa kanker yang diderita oleh Cahya bermula dari benjolan yang muncul sekitar enam bulan yang lalu. Kemudian, pihak keluarga berniat akan melakukan operasi pada benjolan tersebut. Namun, karena biaya yang kurang, pihaknya urung melakukan operasi. 

Terlebih lagi, menurut Agus bahwaCahya beserta keluarga sempat dijanjikan oleh seseorang untuk melakukan pengobatan di salah satu rumah sakit dan tempat pengobatan alternatif dengan menyiapkan uang Rp 9,5 juta. 

Baca Juga : Bocah Piatu Tertimpa Tembok di Malang Dapat Uluran Bantuan Rumah Sedekah NU

"Akhirnya dia mencari pinjaman sebesar Rp 9,5 juta ke tetangga. Ketika uang diserahkan, (Cahya) tidak dapat tindakan dari orang yang menjanjikan. Uangnya hilang dan dikembalikan masih Rp 2 juta masih kurang Rp 7,5 juta," jelas Agus. 

Namun, pada intinya, Rumah Sedekah NU selalu berkomitmen untuk memberikan bantuan secara langsung kepada orang-orang yang membutuhkan agar merasakan manfaat dari para donatur dan anggota Rumah Sedekah NU. 

"Rumah sedekah NU selalu berupaya hadir di tengah-tengah masyarakat yang membutuhkan. Semoga bantuannya dapat bermanfaat dan menjadi support untuk kesembuhan pasien," tandas Agus. 

Sementara itu, ibu dari Cahya yakni Umik Wijayanti (38) mengucapkan banyak terima kasih kepada Rumah Sedekah NU beserta mitranya dan Relawan Anak Bangsa yang telah memberikan bantuan untuk pengobatan anaknya. 

"Saya tidak menyangka mendapatkan perhatian dari Rumah Sedekah NU. Mudah-mudahan Rumah Sedekah NU beserta mitra dan anggotanya terus diberikan rezeki yang banyak, dan bisa membantu orang-orang seperti saya. Mohon doanya agar anak saya segera sembuh," pungkas Umik.


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Nurlayla Ratri