Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Ikut Lomba Desa Nasional, Bupati Tulungagung Optimis Desa Kendalbulur Jadi Pemenang 

Penulis : Muhamad Muhsin Sururi - Editor : Dede Nana

20 - Sep - 2022, 13:16

Bupati Tulungagung Maryoto Birowo usai rapat koordinasi dengan Pemdes Kendalbulur di Ruang Praja Mukti Kantor Pemkab. (Foto: dok. Pribadi for TulungagungTIMES)
Bupati Tulungagung Maryoto Birowo usai rapat koordinasi dengan Pemdes Kendalbulur di Ruang Praja Mukti Kantor Pemkab. (Foto: dok. Pribadi for TulungagungTIMES)

JATIMTIMES - Desa Kendalbulur, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung menjadi desa yang mewakili kabupaten dalam lomba desa tingkat nasional 2022.

Menjelang penilaian lomba Desa tingkat Nasional itu, Pemkab Tulungagung melakukan rapat koordinasi persiapan dengan Pemdes Kendalbulur di ruang Praja Mukti Kantor Pemkab setempat, Senin (19/9/2022) kemarin.

Baca Juga : Pasar Hewan Dibuka untuk Sapi Asli Tulungagung, Warga Luar Kota Boleh Beli asal Bawa Suket

Bupati Tulungagung Maryoto Birowo mengatakan, dalam mempersiapkan penilaian oleh tim juri dari pusat, Pemkab Tulungagung dengan melibatkan OPD terkait selalu memberikan support terhadap seluruh program unggulan Desa.

Untuk Desa Kendalbulur sendiri, masih ada beberapa hal yang harus dievaluasi seperti kelengkapan administrasi, perbaikan infrastruktur struktur di lapangan dan lain sebagainya.

Menurut Maryoto, perbaikan infrastruktur bukan hanya persoalan jalan saja, namun juga jembatan gantung. Dia mencontohkan, jika semisal ada lantai jembatan yang sudah rusak atau lapuk, maka harus segera diperbaiki atau diganti.

"Kami optimis, Desa Kendalbulur ini bakal menjadi pemenangnya, karena potensi Kendalbulur itu sangat luar biasa" katanya.

Jika Desa Kendalbulur berhasil menjadi pemenang lomba Desa tingkat Nasional, kata Maryoto, maka bisa menjadi pemicu semangat desa lain untuk lebih progresif dan nantinya tata pemerintahan Desa akan semakin baik dan terstruktur.

Maryoto menambahkan, Desa Kendalbulur merupakan wakil dari regional 2 untuk mengikuti perlombaan tingkat Nasional, dan juri penilaian dari lomba tersebut juga langsung dari tim pusat.

Tim juri dari pusat itu, akan melakukan tinjauan lapangan langsung ke Desa Kendalbulur direncanakan pada 28 September hingga 3 November 2022 untuk mengetahui seberapa layak Desa Kendalbulur menjadi pemenang lomba Desa.

"Juri bakal melakukan penilaian langsung di Desa Kendalbulur," ucapnya. 

Baca Juga : Jalankan Pesan Pimpinan, Kajari Baru Tulungagung Akan Kembalikan Kepercayaan Masyarakat

Sementara itu, Kepala Desa Kendalbulur Anang Mustofa mengatakan, Desa Kendalbulur mempunyai peluang besar untuk menjadi pemenang pada lomba Desa tingkat Nasional. Peluang besar itu didasari karena Desa Kendalbulur telah memiliki potensi Desa Wisata bertaraf Nasional yaitu Nangkula Park.

Selain Nangkula Park, Desa Kendalbulur juga memiliki 3 program unggulan lain seperti kampung tembakau, kampung kambing, dan kampung patin. 3 potensi tersebut merupakan bukti pemberdayaan kelompok masyarakat oleh pihak pemdes dan pemkab. 

"Kendalbulur sudah masuk menjadi desa wisata dengan destinasi Nangkula Park-nya. Saya optimis bisa menang dalam lomba kali ini," kata Anang.

Meski sudah mempunyai potensi dan berpeluang menang, Anang mengaku masih harus mempersiapkan segala hal termasuk hal-hal yang menjadi evaluasi saat tinjauan lapangan oleh Pemprov Jatim yang dilakukan sebelumnya.

Evaluasi yang dimaksud, diantaranya pembenahan administrasi dan penataan administrasi. Sehingga penilaian lapangan dari tim pusat bisa berjalan maksimal. 

Agar semuanya bisa maksimal dan baik, kata Anang, pihak Pemdes  juga akan melibatkan sekitar 1.200 warga untuk ikut berpartisipasi dalam lomba Desa tingkat Nasional itu.


Topik

Pemerintahan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Muhamad Muhsin Sururi

Editor

Dede Nana