Jatim Times Network Logo
30/01/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hiburan, Seni dan Budaya

Karnaval Desa Sambijajar Meriah, Dipadati Puluhan Ribu Penonton

Penulis : Anang Basso - Editor : Yunan Helmy

18 - Sep - 2022, 11:18

Salah satu ogoh-ogoh yang ditampilkan dalam kegiatan karnaval di Desa Sambijajar. (Foto: Anang Basso/ Tulungagung Times)
Salah satu ogoh-ogoh yang ditampilkan dalam kegiatan karnaval di Desa Sambijajar. (Foto: Anang Basso/ Tulungagung Times)

JATIMTIMES - Pawai Agustusan dalam rangka Hari Ulang Tahun  Ke+77 Republik Indonesia di Desa Sambijajar, Kecamatan Sumbergempol, Tulungagung, berjalan  meriah dan penuh kreasi. Rute pawai yang mencapai 4,5 kilometer  dipadati puluhan ribu penonton hingga tumpah ruah.

Bahkan, untuk masuk ke jalan yang dilewati karnaval, warga harus rela berjalan lumayan jauh dari tempat parkir yang dibuat dadakan di berbagai titik.

Baca Juga : Jalanan Desa Sambijajar Penuh Sesak Penonton Jelang Karnaval HUT ke 77 RI, Ini Situasinya

Puluhan ribu penonton pun terkesan dengan pawai yang menampilkan aneka kesenian, kreativitas, hiburan, teathrikal, edukasi hingga barisan humor yang membuat penonton terpingkal.

"Senang sekali. Sungguh tidak bisa dibayangkan berapa biaya yang dikeluarkan untuk mengadakan kegiatan semeriah ini. Padahal, ini hanya satu desa," kata Ahmad Syarif (43), salah satu penonton, Minggu (18/9/2022).

Puluhan sound system truk besar yang didatangkan dari swadaya masyarakat membuat suasana makin meriah. Jogetan tiap lingkungan di masing-masing RT dan RW begitu kompak menghibur. "Berbagai kesenian yang saya suka  ada dalam karnaval ini," ujarnya.

Penonton yang lain, Meme (22), mengaku  jauh-jauh dari Blitar hanya penasaran ingin menyaksikan karnaval yang menurut yang ia dengar, boleh dikatakan spektakuler. "Ternyata benar, begitu meriah," ungkapnya.

Pantauan media ini, selain warga, lembaga pendidikan di Desa Sambijajar turut ambil bagian dalam karnaval ini. Banyak juga ogoh-ogoh besar khas Bali yang ditampilkan warga untuk menghibur penonton.

Baca Juga : Live Cooking Chicken Roasted Kebab with Salsa Sauce dari Aston Inn Batu, Bikin Pengunjung Ngiler

Selain itu, ada pawai Bhineka Tunggal Ika yang terdiri dari pakaian adat, fashion show, tarian modern dan tradisional. Juga ada aksi teatrikal yang mengisahkan pertemuan Jenderal Besar Sudirman dengan Soekarno saat berjuang merebut kemerdekaan.

Berbagai penampilan bernada humor juga mengisi marnaval kali ini. Mulai dengan manula yang berdandan ala bayi, pasukan vampire, mumi, hingga  kolor ijo.

"Akan saya naikkan di YouTube, banyak sekali yang menarik," kata Adit, salah satu YouTuber yang bersama teman-temannya sibuk mengambil video di acara yang berjalan lancar hingga petang hari ini.


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Anang Basso

Editor

Yunan Helmy