06/12/2022 Baru Ditemukan, Nglinci Pucanglaban Punya Garis Pantai Berpasir Putih hingga 1,5 Kilometer | Tulungagung TIMES

Baru Ditemukan, Nglinci Pucanglaban Punya Garis Pantai Berpasir Putih hingga 1,5 Kilometer

Sep 10, 2022 21:36
Nur Hasyim saat menunjukkan indahnya Pantai Nglinci. ( Foto : Istimewa / Tulungagung Times)
Nur Hasyim saat menunjukkan indahnya Pantai Nglinci. ( Foto : Istimewa / Tulungagung Times)

Pewarta: Anang Basso | Editor: Yunan Helmy

JATIMTIMES - Pesona pantai yang belum lama ini ditemukan di Tulungagung sungguh indah. Selain menonjolkan sisi laut lepas, ombak yang kencang dan cukup ganas, pantai yang dinamai  Nglinci ini punya garis pantai yang panjang dan berpasir putih.

Pantai baru ini  masuk dalam wilayah Desa/Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung,. Ketua komunitas lingkungan Tulungagung Explorer Nur Hasyim mengatakan sebelum Jalur Lintas Selatan (JLS) di bangun di area ini, sekelompok warga masyarakat telah membuka akses jalan ke pantai  secara swadaya.

Baca Juga : Menko Airlangga Perkuat Kerja Sama IPEF dan Mendorong Perdagangan Khususnya di Industri Semi Konduktor

"Sekelompok warga membentuk pokmas (kelompok masyarakat) untuk membuka akses jalan secara mandiri dan gotong royong," kata Nur Hasyim, Sabtu (10/9/2022).

Pokmas atau kelompok masyarakat ini di pimpin Tulus, mantan kades Pucanglaban,  dengan 13 anggota.

Pantai dengan pasir putih dan bebatuan merata di sepanjang gugusannya ini tidak kalah dengan pantai lain yang sudah lebih dahulu hits. "Kelebihan pantai ini berpasir putih ke emasan berkarakter lembut. Aneka bebatuan  besar berserakan di pantai bagaikan pulau-pulau kecil," ujarnya.

Meski berada di bawah tebing curam, pantai ini berpasir sangat luas. Garis pantainya mencapai 1,5 kilometer.

"Kalau ditarik garis lurus, pantai ini bertetangga dengan Pantai Lumbung dan Sanggar di  sebelah timur dan sebelah baratnya ada  Pantai Kedung Tumpang," jelasnya.

Pantai Nglinci sangat dekat dengan JLS yg sedang dibangun. Nantinya warga atau wisatawan bisa menembus pantai dengan meratakan tebing yang curam dengan alat berat yang sudah berlangsung 1 bulan lebih.

Baca Juga : Enam Pernikahan Termahal di Dunia, Tiga Nama dari Keturunan Ratu Elizabeth II

"Kalau rest area sudah selesai , juga tempat parkir dan warung makan minum untuk calon wisatawan tersedia, maka wisatawan akan nyaman," ungkapnya.

Direncanakan, pada 24-25 September 2022,pPokmas akan me-launching wisata baru ini. Bagi traveler, kalau ke JLS bisa menikmati pemandangan yang sangat indah dan menantang di pantai ini.

 

Judul berita Baru Ditemukan, Nglinci Pucanglaban Punya Garis Pantai Berpasir Putih hingga 1,5 Kilometer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Pantai Nglinci wisata tulungagung

Berita Lainnya