Jatim Times Network Logo
05/02/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Wanita Ini Ungkap Obat Simpel 5 Menit Sembuh Digigit Ular Berbisa, Tapi Begini Kata Dokter 

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Nurlayla Ratri

09 - Sep - 2022, 12:17

Potongan gambar dari video viral, seorang wanita mengungkap obat simpel digigit ular berbisa (Ist)
Potongan gambar dari video viral, seorang wanita mengungkap obat simpel digigit ular berbisa (Ist)

JATIMTIMES - Digigit ular berbisa, tentunya harus membutuhkan penanganan yang cepat dan benar. Akan tetapi, terdapat sebuah video yang viral tersebar di medsos menginformasikan obat digigit ular berbisa yang simpel.

Dalam video wanita yang viral itu, disampaikan jika trik pengobatan ini merupakan teknik pengobatan dari warga Dayak, Kalimantan Timur (Kaltim). Wanita dalam video menyampaikan, jika tergigit ular berbisa, pertama harus segera lari ke rumah terdekat. 

Baca Juga : Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Pangeran Charles Didapuk Menjadi Raja Inggris

"Apabila tergigit ular berbisa, anda secepatnya lari ke rumah yang terdekat, minta bawang merah," jelasnya. 

Setelah itu, lanjut penjelasan wanita tersebut, bawang yang tanpa dikupas itu kemudian langsung dikunyah hingga lembut. Setelah lembut, bawang merah itu langsung dioleskan pada bagian yang terkena gigitan ular berbisa.

"Gak usah di kupas langsung dikunyah sampai lembut, terus tempelkan pada bagian yang tergigit. Insya Allah sembuh seketika," paparnya.

Ia mengatakan, pengobatan ini merupakan oleh-oleh atau warisan dari warga Dayak. Pengalaman temannya yang pernah tergigit ular kobra dan sampai membengkak bagian yang tergigit, sembuh setelah 5 menit dioleskan bawang. 

"Alhasil lima menit kemudian langsung kempes (luka gigitan ular)," terangnya.

Baca Juga : Bea Cukai Gelar Festival Film Cukai Bertema Rokok, Yuk Intip Persyaratannya

Sementara itu, penjelasan edukator kesehatan, dr Muhamad Fajri Adda'i yang dikutip dari liputan6, penanganan mereka yang tergigit ular berbisa tak bisa menggunakan bawang. Penanganan mereka yang tergigit ular kobra membutuhkan antidotum spesifik. 

Sebelum itu, perlu dilakukan imobilisasi yang ini untuk mengurangi gerakan otot yang dapat memicu racun menyebar. Imobilisasi dilakukan dengan memasang
kayu pada kedua sisi seperti halnya orang yang mengalami patah tangan. Hal ini dilakukan agar otot tidak bergerak.

"Jadi nomer satu imobilsasi dulu, setelah itu bawa ke rumah sakit, nanti dikasih penawar bisa ularnya," ujarnya dilansir dari Merdeka.


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Nurlayla Ratri