10/12/2022 3 Destinasi Wisata Berkelas Dunia di Jawa Timur, Mana Saja? | Tulungagung TIMES

3 Destinasi Wisata Berkelas Dunia di Jawa Timur, Mana Saja?

Aug 25, 2022 13:58
Wisata Gunung Bromo di Jawa Timur
Wisata Gunung Bromo di Jawa Timur

Pewarta: Farah Fadillah A | Editor: Yunan Helmy

JATIMTIMES – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak para wisatawan mencicipi keindahan alam Indonesia, utamanya yang berada di Jatim. Apalagi, Jawa Timur memiliki tiga destinasi wisata kelas dunia. 

Di mana saja tempat wisata kelas dunia dari Jatim itu? 

1. Gunung Bromo 

Baca Juga : Menko Airlangga Beber Akselerasi Pembangunan Infrastruktur hingga Peningkatan Investasi

Gunung Bromo terletak di empat kabupaten. Masing-masing Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Probolinggo, dan Kabupaten Pasuruan. Selain lautan pasir, padang savana yang indah menjadi daya tarik Bromo.

“Di Gunung Bromo kita bisa menikmati pemandangan alam berupa kawah Bromo, yang dilengkapi dengan kawasan pegunungan dan perbukitan, serta hamparan padang savana yang indah” ujar Khofifah dalam keterangannya, Kamis (25/8/2022).

2. Kawah Ijen

Kawah Gunung  Ijen berada di dua wilayah: Banyuwangi dan Bondowoso. Destinasi ini memiliki keunggulan berupa blue fire (api biru) yang merupakan fenomena blue flame  satu-satunya  di dunia. Destinasi ini bahkan sudah menjadi favorit wisatawan mancanegara.

“Maka saya secara khusus mengajak bagi yang belum pernah ke sana (kawah Ijen) untuk mencicipi keindahan alam yang langka dan hanya ada di Jatim," ungkap Khofifah.

3. Gili Iyang

Pulau Gili Iyang berada Sumenep, Madura. Destinasi wisata ini bahkan dinobatkan sebagai tempat dengan oksigen terbaik kedua di dunia.

“Jadi, selain menikmati keindahan pantai yang indah, berwisata di Gili Iyang juga dijamin sehat karena tempat ini merupakan tempat dengan oksigen terbaik kedua di dunia setelah Laut Mati di Jordania” kata Khofifah

Baca Juga : BPOB Gandeng UB Malang, Bakal Jadikan Jatim Destinasi Wisata Seperti Bali

Selain itu, perlu diketahui, ajakan untuk berkunjung ke destinasi wisata, terutama di Jatim, dilakukan Khofifah usai Indonesia dinobatkan sebagai negara terindah nomor satu di dunia versi Majalah Forbes.

Dalam survei Majalah Forbes yang hasilnya dirilis pada 22 Februari 2022 lalu, keindahan alam Indonesia berada di peringkat pertama, mengalahkan puluhan negara di seluruh dunia.

Untuk itu, Khofifah mengajak masyarakat untuk banyak berlibur di Indonesia alias tak perlu ke luar negeri. Dengan berwisata di Indonesia, utamanya Jawa Timur, hal itu juga menjaga warisan leluhur akan keindahan bumi pertiwi.

“Salah satu alasan dari ribuan alasan mengapa kita perlu  banyak bersryukur tinggal di Indonesia. Tidak perlu jauh-jauh healing ke luar negeri karena Indonesia memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menawan, eksotis, dan mendunia” ujar Khofifah.

Judul berita 3 Destinasi Wisata Berkelas Dunia di Jawa Timur, Mana Saja?.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Destinasi wisata dunia di Jatim Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa

Berita Lainnya