Kado Istimewa HUT ke-77 RI, Desa Sumberejo Kulon Kecamatan Ngunut Raih Jura 1 BUMDesa Tingkat Jatim | Tulungagung TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Kado Istimewa HUT ke-77 RI, Desa Sumberejo Kulon Kecamatan Ngunut Raih Jura 1 BUMDesa Tingkat Jatim

Aug 17, 2022 11:42
Kades Sumberejo Kulon saat terima penghargaan tingkat 1 Jatim untuk BUMDesa Sumber Mulyo/ Foto : Dok Desa/ Tulungagung Times
Kades Sumberejo Kulon saat terima penghargaan tingkat 1 Jatim untuk BUMDesa Sumber Mulyo/ Foto : Dok Desa/ Tulungagung Times

JATIMTIMES - Sungguh istimewa, di momen perayaan HUT ke-77 Republik Indonesia, Pemdes Sumberejo Kulon, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung dapat kado membanggakan. Penghargaan atas prestasi gemilang di bidang usaha pedesaan yakni Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) telah ditorehkan ini adalah Juara I terbaik Tingkat Jawa Timur. 

Pemberian penghargaan ini di sampaikan di detik-detik peringatan HUT RI di Gedung Grahadi, Surabaya, Rabu (17/8/2022) oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa melalui Plt. Kepala Dinas PMD Provinsi Jawa Timur Soekaryo.

Baca Juga : Upacara HUT ke-77 RI, Bupati dan Wabup Blitar Dorong Kebangkitan Ekonomi dengan Produk Lokal

Dari lokasi penerimaan penghargaan ini, Kepala Desa Sumberejo Kulon dengan bangga menyampaikan rasa terimakasih nya pada masyarakat dan segenap pengurus BUMDesa Sumber Mulyo.

"Terima kasih untuk semua yang telah mendukung Desa Sumberejo Kulon, DPMD, Kecamatan Ngunut, khususnya BUMDesa Sumber Mulyo, perangkat des, BPD,LPM, Karangtaruna dan Lembaga Desa serta  semuanya, ini Kado terbaik Dirgahayu RI 77," kata M. Suhardi, Kepala Desa Sumberejo Kulon.

Dengan prestasi yang ditorehkan ini, Suhardi berharap agar ke depan dapat lebih solid dan bekerja baik untuk kesejahteraan masyarakat.

"Harapan dan dukungan ke depan untuk tetap kompak sesuai motto Jatim Kompak dalam menjalankan program yang ada untuk mensejahterakan warga khususnya Desa Sumberejo Kulon," imbuhnya.

Penilaian lomba didasarkan pada uji lapang, yang meliputi enam aspek. Yakni aspek kelembagaan. Aspek pengelolaan usaha, aspek keuangan, dampak, kemitraan serta aspek pembinaan, pengawasan dan pertanggung jawaban.

"Kerja keras yang telah dilakukan selama ini telah membuahkan hasil, namun kita tidak boleh berpuas diri. Untuk tahun berikutnya saya mengajak segenap masyarakat untuk memperbaiki di bidang lain," ungkapnya.

Seperti diketahui, BUMDesa Sumber Mulyo saat ini fokus mengembangkan unit usaha wisata kuliner.

Baca Juga : Hadiri Upacara HUT ke-77 RI, Ketua DPRD Suwito : Kunci dari Kebangkitan Ekonomi Adalah Sinergitas

Wisata yang dimaksud ini bernama Mbalong Kawuk, merupakan wisata edukatif yang digarap dari potensi irigasi dan persawahan.

Semakin berkembangnya wisata yang semakin ramai dikunjungi masyarakat ini, BUMDesa Sumber Mulyo memanfaatkan peluang untuk menghasilkan sumber ekonomi.

Diantaranya, memiliki beberapa unit usaha seperti jaringan WiFi, toko dan Payment Point Online Banking (PPOB) serta wisata.

Desa Sumberejo Kulon, Kecamatan Ngunut ini pada tahun 2021 lalu juga mendapatkan penghargaan sebagai Desa Brilian se Jawa Timur. 

Kemudian masuk 6 besar juara Desa Brilian tingkat nasional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
berita tulungagung JATIMTIMES

Berita Lainnya