Coaching dan Mentoring PKM Dosen Unikama, Hasilkan SOP Strategis Bisnis UMKM Asy-Q | Tulungagung TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Coaching dan Mentoring PKM Dosen Unikama, Hasilkan SOP Strategis Bisnis UMKM Asy-Q

Aug 16, 2022 20:34
Coaching dan Mentoring PKM Dosen Unikama di Pondok Pesantren Asy-Syadzili Sumberpasir, Pakis, Kabupaten Malang (Ist)
Coaching dan Mentoring PKM Dosen Unikama di Pondok Pesantren Asy-Syadzili Sumberpasir, Pakis, Kabupaten Malang (Ist)

JATIMTIMES- Dosen Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama), melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Hal ini sebagai bentuk pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta kontribusi sebagai akademisi. PKM ini dilakukan di Pondok Pesantren Asy-Syadzili Sumberpasir, Pakis, Kabupaten Malang.

Pondok Pesantren Asy-Syadzili, memiliki unit bisnis bagi santrinya yaitu air minum dalam kemasan (AMDK) dengan merek "Asy-Q". AMDK Asy-Q beroperasi sejak tahun 2019. Asy-Q selama ini dikelola langsung oleh santri sebagai perwujudan kegiatan santripreneurship di lingkup pesantren. 

Baca Juga : Wabup Didik Minta Kebutuhan Kopi di Lingkungan Pemkab Malang Dipenuhi Produk Lokal

Keberadaan AMDK Asy-Q sangat dinanti masyarakat untuk dikonsumsi. Mereka percaya bahwa air tersebut memiliki sisi religiusitas dan keberkahan yang tinggi karena berada dalam lingkup pesantren yang dalam 24 jam berkumandang lantunan ayat suci Al-Qur’an.

Namun proses produksi AMDK "Asy-Q", pondok pesantren tersebut belum memiliki Standard Operating Procedures (SOP) yang baku yang dapat digunakan sebagai acuan dalam melakukan aktivitas usaha sehari-hari. 

Berlatar dari itulah, Tim PKM Unikama membantu memperbaiki dan meningkatkan kualitas maupun manajemen usaha AMDK Asy-Q Pondok Pesantren Asy-Syadzili.

Tim yang terdiri dari Endah Andayani, Rini Agustina, dan Lilik Sri Hariani serta dibantu dua orang mahasiswa ini, melakukan coaching dan mentoring penyusunan SOP Bisnis. 

Kegiatan PKM, dimulai  dengan kegiatan focus group discussion (FGD) antara tim PKM Unikama dengan pengelola inti. Di situ, membahas terkait permasalahan pengelolaan usaha AMDK Asy-Q. Hal ini tentunya agar coaching dan mentoring yang dilaksanakan tepat sasaran. 

Coaching dan mentoring dilakukan tiga tahapan. Pertama, tahapan sosialisasi pentingnya SOP bagi proses produksi, yang sudah dilaksanalan pada bulan Mei 2022. Selanjutnya, coaching penyusunan SOP, mitra diberikan materi terkait macam-macam SOP dan langkah-langkah penyusunan SOP.

Terakhir adalah mentoring penyusunan SOP. Coaching dan mentoring dilaksanakan di ruang Yayasan Pondok Pesantren Asy-Syadzili pada Bulan Mei - Juli 2022 yang diikuti sebanyak 16 santri sebagai pengelola AMDK Asy-Q.

Hasil dari coaching dan mentoring menghasilkan tiga SOP menajemen dan pengelolaan unit usaha dari pondok yang strategis. Tiga SOP itu, yakni SOP produksi, SOP pergudangan, dan SOP distribusi. 

"3 SOP ini dirasa yang paling urgen dan harus dimiliki oleh sebuah perusahaan. Dengan tiga SOP tersebut, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi keberlangsungan usaha AMDK Asy-Q," jelas Endah mewakili tim PKM.

2

Hasil coaching dan mentoring ini, terbukti membawa manfaat positif bagi unit usaha pondok. Dari wawancara yang dilakukan kepada ketua pengelolan AMDK Asy-Q sebagai mitra dalam kegiatan PkM, setelah dilakukan coaching dan mentoring, pengelolaan manajemen menjadi lebih baik. 

Baca Juga : LKMM FEB Unisma Kupas Perempuan, Kepemimpinan dan Kesetaraan Gender dalam Wujudkan SDGs

Pengelola saat ini telah memiliki SOP produksi, SOP pergudangan, dan SOP distribusi yang digunakan sebagai acuan dalam melaksanakan aktivitas pengelolaan AMDK Asy-Q sehari-hari.  

Beberapa manfaat positif hasil dari coaching dan mentoring yang terwujud dalam SOP, dijabarkan dalam beberapa poin:

1) Pengelolaan AMDK Asy-Q  dapat mengetahui peran dan posisi masing-masing dengan menerapkan manajemen waktu untuk kegiatan rutinitas pesantren dengan pelaksanaan usaha; 

2) Memberikan kejelasan mengenai proses kerja dan tanggung jawab masing-masing bagian dalam pengelolaan AMDK Asy-Q; 

3) Menyediakan keterangan dan informasi yang jelas mengenai keterkaitan antara proses produksi, proses pergudangan, dan proses distribusi; 

4) Menjaga konsistensi dalam menjalankan proses keberlangsungan usaha; 

5) Meminimalkan terjadinya kesalahan dalam melakukan proses pekerjaan, sehingga terhindar dari ketidakefisienan baik dari segi biaya, waktu, dan tenaga; 

6) Membantu melakukan evaluasi terhadap setiap proses kerja di AMDK Asy-Q untuk mendapatkan kualitas produk yang terbaik dan kontinyuitas usaha.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Kampus Unikama Malang JATIMTIMES

Berita Lainnya