10/12/2022 Tak Hanya untuk Upacara HUT RI ke-77, Paskibraka Tulungagung Juga Dijadikan Duta Pancasila | Tulungagung TIMES

Tak Hanya untuk Upacara HUT RI ke-77, Paskibraka Tulungagung Juga Dijadikan Duta Pancasila

Aug 15, 2022 18:37
Bupati Tulungagung Maryoto Birowo saat mengukuhkan Paskibra di Pendapa, Senin (15/8/2022). (Foto: Supri for TulungagungTIMES)
Bupati Tulungagung Maryoto Birowo saat mengukuhkan Paskibra di Pendapa, Senin (15/8/2022). (Foto: Supri for TulungagungTIMES)

Pewarta: Muhamad Muhsin Sururi | Editor: Sri Kurnia Mahiruni

JATIMTIMES - Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Tulungagung telah resmi dikukuhkan oleh Bupati Tulungagung Maryoto Birowo di Pendapa Kongasarum Kusumaning Bangsa, Senin (15/8/2022).

Namun Paskibraka tahun ini berbeda dengan sebelumnya, karena selain bertugas pada upacara HUT ke- 77 Republik Indonesia juga diangkat sebagai duta Pancasila.

Baca Juga : Nyata, Inilah Rumah Pengabdi Setan Sebenarnya, Begini Kondisinya Saat Ini

"Selepas bertugas, mereka juga akan dijadikan Duta Pancasila," kata Bupati Maryoto usai acara pengukuhan Paskibra.

Menurut Maryoto, dijadikannya Duta Pancasila, bukanlah tanpa dasar. Hal itu dilakukan sesuai dengan surat edaran (SE) dari Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg). Paskibra merupakan kader-kader bangsa yang andal, dan sudah melalui tahap seleksi antar pelajar di seluruh Tulungagung.

Karena termasuk pelajar pilihan, Paskibra sekaligus Duta Pancasila itu diharapkan bisa mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam perilaku sehari-harinya.

"Sebagai Duta Pancasila mereka juga ikut serta menyosialisasikan nilai-nilai Pancasila," ucapnya.

Maryoto menjelaskan, sebelum dilakukan pengukuhan, Paskibra juga melalui proses seleksi yang diikuti oleh ratusan siswa dari berbagai sekolah di Kabupaten Tulungagung. Dari proses seleksi itu, diambil 80 siswa untuk dijadikan Paskibra bendera merah putih HUT ke- 77 RI, pada Rabu 17 Agustus 2022 besok.

Baca Juga : 11 Ribu Pramuka Penggalang Hadir di Bumi Perkemahan Cibubur, Ini Tujuannya 

Setelah terpilih jadi Paskibra, para siswa juga dididik secara khusus, serta dibekali kesamaptaan, kedisiplinan dan kepribadian. "Saya berharap para anggota Paskibra terpilih ini akan menjadi contoh bagi teman-temannya," harapnya.

Selain itu, Maryoto juga berharap, para anggota Paskibra yang sudah dikukuhkan bisa bertugas dengan baik saat HUT ke-77 Kemerdekaan RI yakni upacara pengibaran bendera pada pagi hari dan upacara penurunan bendera pada sore hari.

Judul berita Tak Hanya untuk Upacara HUT RI ke-77, Paskibraka Tulungagung Juga Dijadikan Duta Pancasila.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Paskibra paskibra tulungagung

Berita Lainnya