10/12/2022 5 KPop Bubar Tahun 2022, Ada G-Reyish sampai Hot Issue | Tulungagung TIMES

5 KPop Bubar Tahun 2022, Ada G-Reyish sampai Hot Issue

Aug 15, 2022 09:43
Personil girl group G-Reyish: Hyeji, Shinyoung, Jeong Yena dan Yeso.
Personil girl group G-Reyish: Hyeji, Shinyoung, Jeong Yena dan Yeso.

Pewarta: Nanda Putri | Editor: Yunan Helmy

JATIMTIMES - Girlkind bukan satu-satunya grup KPop yang bubar tahun 2022. Ternyata ada banyak grup musik asal Korea Selatan yang bubar tahun ini, baik boy group maupun girl group. 

Mengutip dari Soompi dan berbagai sumber, ada sederet grup KPop yang disband atau bubar tahun 2022. Kondisi itu juga terjadi pada tahun tahun sebelumnya. Meski demikian, setiap tahunnya, ada banyak grup baru yang didebutkan oleh sejumlah agensi di Korea Selatan. Praktis, persaingan di industri musik KPop pun menjadi semakin ketat.

Baca Juga : Kenaikan Tarif Ojek Online Ditunda, Diberlakukan 29 Agustus

Ada yang bisa bersaing dan mendapatkan popularitas. Sebaliknya ada yang  tidak mampu merebut hati penggemar.

Setidaknya ada 5 grup asal Korsel yang bubar dengan beragam alasan pada tahun 2022 ini. 

1. G-Reyish 

Grup ini dinyatakan bubar oleh Big Ocean ENM pada 31 Mei 2022. Grup ini beranggotakan 4 member Hyeji, Shinyoung, Jeong Yena dan Yeso. Sebelumnya, mereka sudah empat tahun di G-Reyish.

“Pertama, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua Sirup (fandom G-Reyish) yang telah memberikan begitu banyak cinta dan dukungan kepada G-Reyish saat kami membuat pengumuman ini mengenai kegiatan G-Reyish di masa depan,” tulis Big Ocean ENM dikutip dari Soompi.

“Kami memberi tahu Anda bahwa setelah banyak diskusi dengan anggota G-Reyish.  Telah diputuskan bahwa mereka akan menyelesaikan aktivitas grup mereka dan mengakhiri kontrak eksklusif mereka dengan Big Ocean ENM,” sambungnya.

Lebih lanjut agensi itu juga mengabarkan bahwa fan cafe resmi G-reyish akan ditutup pada 16 Juni 2022. Hingga ditutup, para penggemar masih dapat menelusuri seluruh papan pengumuman dan menulis postingan serta komentar baru di fan cafe resmi G-Reyish.

“Selain itu, sementara kami tidak akan lagi mengelola akun media sosial resmi G-Reyish mulai hari ini. Kami tidak akan menutupnya, dan kami bermaksud untuk membiarkannya apa adanya,” jelas agensi itu.

G-Reyish memulai debutnya pertama pada Juni 2017 lalu. Saat itu, mereka debut dengan merilis single “Turn Back Time”. Grup tersebut terdiri dari empat anggota yakni Hyeji, Shinyoung, Jeong Yena dan Yeso.

2.  CLC Group 

Grup ini telah berkarya dari tahun 2015 dan dibubarkan Cube Entertainment pada 20 Mei 2022.

Sebelumnya, pada 18 Maret 2022, Cube Entertainment mengumumkan bahwa Seungyeon dan Yeeun CLC akan meninggalkan agensi setelah kontrak mereka berakhir.

Mereka adalah anggota ketiga dan keempat yang keluar dari Cube Entertainment setelah Elkie pada Februari 2021 dan Sorn pada November 2021.

Cube Entertainment membuat pernyataan resmi, Jumat (20/5/2022). "Halo, ini Cube Entertainment. Pertama, kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Anda semua karena selalu mencintai dan mendukung CLC selama tujuh tahun terakhir," tutur Cube Entertainment dikutip dari Soompi.

3. NU'EST 

Grup ini resmi bubar pada 14 Maret 2022. Grup ini mengakhiri kegiatan resmi mereka di bawah naungan Pledis Entertainment dengan album baru yang akan dirilis bulan ini.

Kabar bubarnya NU'EST diumumkan Pledis Entertainment selaku agensi yang menaungi grup tersebut. Melalui pernyataan resminya, agensi itu mengumumkan bahwa JR, Aron, dan Ren akan meninggalkan Pledis Entertainment.

Dilansir dari Koreaboo, banyak penggemar dari grup berusia 10 tahun ini tidak siap untuk mengucapkan selamat tinggal kepada idola mereka. Namun, mereka berharap yang terbaik untuk para anggota

4. Hot Issue

Baca Juga : Pemkot Malang Bakal Tambah 4 Unit Bus Macito, 2 dari CSR J99 Corp

Grup ini dilaporkan telah resmi bubar. Pada 22 April 2022, Soompi melaporkan jika agensi HOT ISSUE, S2 Entertainment merilis pernyataan berikut di fancafe grup: 

Personil Hot Issue

"Halo. Ini adalah S2 Entertainment.

Pertama, kami dengan tulus meminta maaf karena menyampaikan berita mendadak ini kepada para penggemar yang mencintai dan mendukung Hot Issue.

Setelah diskusi panjang berakhir, agensi dan para anggota Hot Issue telah memutuskan untuk membubarkan tim.

"Kami bekerja keras untuk waktu yang lama dengan para artis untuk mencapai arah dan pengembangan yang telah ditargetkan oleh agensi, tetapi kami dengan enggan mengambil keputusan ini.

Kami meminta maaf dan mengucapkan terima kasih kepada penggemar yang mencintai dan menghargai HOT ISSUE sampai sekarang, dan mohon terus dukung perjalanan karir para anggota di masa depan."

Nahyun, Mayna, Hyeongshin, Dana, Yewon, Yebin, dan Dain debut bersama sebagai Hot Issue pada 28 April 2021 dengan merilis mini album 'Issue Maker' dengan singel utamanya 'Gratata.'

Gratata adalah lagu dance tempo tinggi dengan suara synth dan perkusi yang kuat. Diproduseri oleh AIMING, lagu tersebut mengungkapkan tujuan Hot Issue untuk menjadi penyanyi yang merebut hati publik.

Sebelum mereka debut, Dana pernah meniti karir sebagai aktris cilik. Dia membintangi drama JTBC 'Happy Ending' pada 2012 dan dalam drama SBS 'One Well Raised Daughter' pada 2013. Sementara itu, Mayna adalah kontestan di acara survival Tiongkok, Produce 101 China, tetapi tersingkir di episode 7 setelah berada di peringkat 52

Hot Issue adalah girl group pertama yang dibuat oleh S2 Entertainment, agensi baru yang dipimpin oleh salah satu pendiri Cube Entertainment, Hong Seung Sung.

Pada tanggal 27 September 2021, Hot Issue mengumumkan nama fandom resmi mereka menjadi SURE, singkatan dari S urely U (Yours) R efulgently E ver', nama tersebut menggambarkan bagaimana Hot Issue  dan penggemar mereka akan bersama selamanya. Namun sayangnya grup tersebut dibubarkan 6 hari sebelum ulang tahun debut mereka yang pertama.

5. Lunarsolar

Lunarsolar juga resmi mengumumkan disband pada bulan Mei. Hal ini disampaikan langsung oleh J Planet Entertainment selaku pihak agensi pada Minggu (22/5/2022).

Personil Lunarsolar

J Planet menjelaskan bahwa kontrak kerjasama antara Lunarsolar  dengan pihak agensi sudah berhasil. Dengan demikian, grup diputuskan bubar.

"J Planet Entertainment ingin menginformasikan bahwa setelah diskusi panjang dengan anggota Lunarsolar, kami memutuskan untuk mengakhiri kontrak artis eksklusif," katanya sebagaimana dilansir Soompi.

Keputusan itu diambil setelah para member melakukan diskusi panjang.

Sekedar mengingatkan, Lunarsolar sendiri debut pada September 2020. Kala itu, mereka merilis album bertajuk SOLAR: Flare.

Judul berita 5 KPop Bubar Tahun 2022, Ada G-Reyish sampai Hot Issue.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Korean Pop Grup musik bubar

Berita Lainnya