Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Sosialisasikan Pengendalian Gratifikasi, UIN Malang Hadirkan Sosok Ini Jadi Narasumber

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Nurlayla Ratri

14 - Aug - 2022, 18:42

Rektor UIN Malang, Prof Dr M Zainuddin MA dan Harun Al Rasyid Satgassus Tipikor Mabes Polri (istimewa)
Rektor UIN Malang, Prof Dr M Zainuddin MA dan Harun Al Rasyid Satgassus Tipikor Mabes Polri (istimewa)

JATIMTIMES - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, terus berkomitmen dalam mewujudkan Zona Integritas (Zi) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBM) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Untuk itu, sosialisasi melalui Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG) pun terus digencarkan.

Salah satu langkah nyata yang dilakukan, salah satunya dengan melakukan sosialisasi (12/8/2022) menghadirkan pemateri yang merupakan Penyidik Utama KPK periode 2005-2021 yang saat ini menjabat sebagai Satgassus Tipikor Mabes Polri, yakni Dr H Harun Al Rasyid MH.

Baca Juga : Sungai Penuh Mayat, Airnya Tetap Diminum karena Dianggap Suci

Dalam paparan materinya, Harun Al Rasyid menjelaskan detail perihal gratifikasi. Mulai dari pengertian gratifikasi, macam-macam gratifikasi, kriteria gratifikasi hingga contoh kongkrit dari pengalamannya selama bertugas di KPK.

Harun Al Rasyid, juga mendukung dengan terbentuknya UPG UIN Maliki Malang. Menurut Harun, unit ini akan sangat membantu dalam upaya-upaya melakukan pencegahan sekaligus dalam mengendalikan gratifikasi dilingkungan kampus berlogokan Ulul Albab ini.

"UPG jadi Unit yang membantu dengan instrument yang ada, secara bersama-sama mencegah sekaligus mengendalikan gratifikasi di lingkungan UIN Maliki Malang. Pada akhirnya budaya menjunjung tinggi komitmen dan integritas mengakar sebagaimana telah diajarkan baginda Nabi Muhammad Saw ketika menjadi pemimpin negeri,"paparnya.

Ketua UPG UIN Maliki Malang Dr Khoirul Hidayah MH, menyampaikan, terbentuknya UPG merupakan amanat dari SK Rektor sekaligus amanat SE MenPanRB Nomor 4 Tahun 2019. 

Baca Juga : Sinopsis Ikatan Cinta RCTI 14 Agustus 2022, Kondisi Andin Membaik, Bagaimana Liburan Sienna di Vila Nanti?

UPG menurutnya menjadi instrumen yang membangun budaya kerja ikhlas berintegritas dan senantiasa selaras dengan hati. Sebab, dengan sentuhan dan memakai hati menjadi sebuah sarana untuk selalu bekerja dengan ikhlas.

"Pekerjaan yang dilakukan dengan hati akan mewujudkan keikhlasan dan integritas tinggi, " katanya.


Topik

Pendidikan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Nurlayla Ratri