06/12/2022 8 Formasi Jabatan Perangkat Desa Geger Telah Terisi | Tulungagung TIMES

8 Formasi Jabatan Perangkat Desa Geger Telah Terisi

Aug 10, 2022 19:12
Proses koreksi hasil ujian dari peserta pengisian perangkat Desa Geger di Balai Desa setempat, Rabu (10/8/2022). (Foto: Muhsin/TulungagungTIMES)
Proses koreksi hasil ujian dari peserta pengisian perangkat Desa Geger di Balai Desa setempat, Rabu (10/8/2022). (Foto: Muhsin/TulungagungTIMES)

Pewarta: Muhamad Muhsin Sururi | Editor: Nurlayla Ratri

JATIMTIMES - Proses pengisian perangkat Desa Geger, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung melalui sistem penjaringan dan penyaringan sudah memasuki tahap ujian tertulis dan ujian praktik. Tahapan ujian itu dilaksanakan di balai desa setempat, Rabu (10/8/2022).

Kepala Desa Geger Jumari mengatakan, proses pengisian jabatan melalui sistem penjaringan dan penyaringan berjalan lancar. Menurutnya, semua tahapan sudah berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan dilalui sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh panitia.

Baca Juga : Bondowoso Mulai Dilanda Kekeringan, BPBD Mulai Dropping Air Bersih

"Dari tahap awal sampai tahap ujian, saya rasa berjalan dengan lancar," kata Jumari usai pelaksanaan ujian perangkat desa. 

Dia menjelaskan, ada delapan formasi jabatan yang harus diisi. Yakni Sekretaris Desa, Kaur Umum dan Perencanaan, Kasi Pemerintahan, Kasi Kesra, Kasun Sukorejo, Kasun Tambibendo, Kasun Ngrejeng dan Kasun Turi

Dari formasi itu, lanjutnya, ada 27 pendaftar. Namun, dua pendaftar gugur karena tidak lolos administrasi sehingga yang ikut dalam tahap ujian tinggal 25 peserta. Desa juga menggandeng pihak ketiga, yakni Universitas Islam Balitar (UNISBA) dalam pelaksanaan ujian.

"Setelah pembacaan hasil ujian atau nilai ujian, para peserta langsung menandatangani berita acara, artinya semua peserta menerima dan tidak ada yang keberatan," jelasnya.

Jumari berharap kepada peserta yang terpilih menjadi perangkat nantinya bisa bekerja dengan maksimal. Apalagi para calon perangkat itu usianya masih muda, sehingga bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat secara maksimal.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Pengisian Perangkat Desa Geger, Teguh Hariyanto mengatakan, pengisian perangkat desa dikebut karena pelayanan bagi masyarakat sering kali terganggu atau kurang maksimal karena kosongnya jabatan tersebut.

Selain itu, DPMD Tulungagung utamanya pembina Pemdes yaitu Pemerintah Kecamatan Sendang juga mengharapkan agar kekosongan Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemdes Geger agar segera diisi.

"Tahun ini sesuai dengan ketentuan SOTK Pemdes Geger harus diisi, makanya pemdes bersama masyarakat membentuk kepanitian untuk mengisi kekosongan jabatan melalui penjaringan dan penyaringan," katanya.

Teguh mengaku, panitia sudah berusaha semaksimal mungkin dalam menjalankan semua tahapan sesuai dengan peraturan berlaku yaitu Perda dan Perbub Tulungagung tentang pengisian perangkat desa.

Baca Juga : Hilang Sejak Selasa Dini Hari, Warga Donomulyo Ditemukan Gantung Diri

Menurutnya, ada 29 tahapan yang harus dilalui dalam proses pengisian perangkat desa. Selain itu, sesuai dengan tahapan yang ditetapkan panitia juga akan memberikan waktu 2x24 jam bagi para peserta ujian untuk mengirimkan surat keberatan atau ketidakpuasan terhadap proses ujian perangkat dan panitia akan memberikan jawaban atas ketidakpuasan dari para peserta.

"Pada tahap ujian ini, semua peserta menerima hasil ujian dan semua menandatangani berita acara hasil ujian," ungkapnya.

Teguh berharap, setelah proses pengisian perangkat desa, masyarakat bisa kondusif. Semua peserta baik yang lolos maupun yang tidak juga diminta bisa legowo.

Sementara itu, Kepala DPMD Tulungagung melalui Kasi Kekayaan dan Aset, Imam Romdoni mengatakan, bahwa beberapa waktu sudah mengirimkan surat kepada Pemdes Geger untuk segera melengkapi SOTK dan hari ini bisa dilaksanakan.

Menurutnya, proses pelaksanaan ujian perangkat Desa Geger sudah terbuka dan dilakukan secara fair. Terbukti dari semua peserta tidak mengajukan keberatan dan menerima serta menandatangani berita acara hasil ujian.

"Peserta mempunyai kesempatan 2 hari (2 x 24 jam) jika merasa dalam pelaksanaannya ada yang kurang puas dengan mengirim surat resmi kepada panitia, dan tugas panitia adalah membalas secara resmi juga," kata Imam.

Judul berita 8 Formasi Jabatan Perangkat Desa Geger Telah Terisi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
berita tulungagung JATIMTIMES

Berita Lainnya