Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Kebijakan Umum Anggaran 2023 Mulai Dibahas, Berikut 14 Program Prioritas Kabupaten Tulungagung

Penulis : Muhamad Muhsin Sururi - Editor : A Yahya

27 - Jul - 2022, 16:56

Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo menyampaikan dokumen KUA-PPAS kepada Ketua DPRD Tulungagung Marsono. Rabu, 27/7/2022. (Foto: Muhsin/TulungagungTIMES)
Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo menyampaikan dokumen KUA-PPAS kepada Ketua DPRD Tulungagung Marsono. Rabu, 27/7/2022. (Foto: Muhsin/TulungagungTIMES)

JATIMTIMES - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tulungagung menggelar rapat paripurna dalam rangka penyampaian rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Tahun 2023 dan penyampaian rancangan perubahan KUA-PPAS Tahun 2022, Rabu (27/7/2022).

Paripurna yang berlangsung di ruang graha Wicaksana Kantor DPRD Tulungagung itu, dipimpin oleh Ketua DPRD Tulungagung Marsono dan berlangsung secara offline dan online dengan memanfaatkan media teleconverence.

Baca Juga : Mayat Perempuan Tak Dikenal Ditemukan di Sungai Brantas Tulungagung

Dalam rapat paripurna, Ketua DPRD Tulungagung Marsono mengatakan, rapat paripurna dalam rangka penyampaian rancangan KUA-PPAS Tahun 2023 dan penyampaian rancangan perubahan KUA-PPAS Tahun 2022 digelar berdasarkan hasil rapat Bamus pada Sabtu, 23 Juli 2022 lalu. "Berdasarkan rapat Bamus pada Sabtu, 23 Juli 2022, telah disepakati pelaksanaan rapat paripurna DPRD Tulungagung dijadwalkan hari ini," katanya.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan anggota DPRD yang telah mengagendakan sidang paripurna.

Menurutnya, KUA merupakan dokumen kebijakan daerah yang menjadi petunjuk dan ketentuan umum, memuat kondisi ekonomi makro daerah, kebijakan pendapatan, belanja, pembiayaan dan strategi pencapaiannya, yang disepakati sebagai pedoman penyusunan Rancangan APBD/Perubahan APBD. 

"Penyusunan KUA mendasarkan pada Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) sebagai dokumen rencana kerja tahunan daerah yang mengacu pada Rencana Kerja Pemerintah dan RKPD Provinsi Jawa Timur," kata Gatut Sunu

Dia menjelaskan, penyusunan Rancangan Perubahan KUA dan Perubahan PPAS Tahun Anggaran 2022, disesuaikan dengan Prioritas yang tertuang dalam Perubahan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2022 dengan tema Penguatan Pertumbuhan Sektor Unggulan Daerah dan Optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat dalam Rangka Percepatan Pemulihan Ekonomi.

Tema pembangunan tersebut dijabarkan ke dalam berbagai program prioritas yang berorientasi pada : pertama peningkatan sarana dan prasarana pendidikan dasar, kedua peningkatan sarana prasarana pelayanan kesehatan dasar dan rujukan, ketiga bantuan perlindungan sosial dalam percepatan penurunan kemiskinan ekstrem.

Keempat peningkatan ketentraman ketertiban umum, kelima optimalisasi implementasi reformasi birokrasi, keenam pengembangan destinasi wisata, ketujuh pengembangan industri kecil dan menengah, kedelapan peningkatan produksi tanaman pangan, hortikultura, hasil peternakan dan perikanan, kesembilan peningkatan sarana pelayanan publik.

Baca Juga : Terus Bergerak, "Bapenda Menyapa" Kunjungi Desa Kalisongo

Untuk yang kesepuluh pembangunan pasar ikan suwaru, kesebelas optimalisasi penerimaan PAD, kedua belas pengadaan tanah untuk pembangunan JLS, dan ketiga belas peningkatan dan rehabilitasi jaringan jalan, jaringan irigasi dan air minum.

"Keempat belas Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan terakhir pengelolaan persampahan dan Ruang Terbuka Hijau (RTH)," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Wabup juga minta izin untuk menyampaikan Rancangan KUA dan PPAS Tahun Anggaran 2023 yang disesuaikan dengan Prioritas yang tertuang dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2023 dengan tema Stabilisasi Kemandirian dan Daya Saing Perekonomian Daerah serta Penguatan Kesejahteraan Masyarakat. "Tema pembangunan Tahun 2023 itu dijabarkan ke dalam berbagai program prioritas yang masih sejalan dan merupakan kelanjutan dari tahun sebelumnya," ungkapnya.

Mewakili Bupati dan Pemkab Tulungagung, dia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota DPRD yang akan melaksanakan tugasnya untuk mencermati, membahas dan menyempurnakan rancangan perubahan KUA pendapatan dan belanja daerah, rancangan perubahan PPAS APBD 2022, serta rancangan KUA pendapatan dan belanja daerah dan rancangan PPAS APBD 2023 untuk mendapat persetujuan.

"Saya berharap kerjasama yang harmonis tetap terjaga guna mewujudkan Kabupaten Tulungagung Ayem Tentrem Mulyo lan Tinoto," tutupnya.


Topik

Politik


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Muhamad Muhsin Sururi

Editor

A Yahya