Tips Atasi Gatal pada Kulit, Hanya Pakai Bahan Herbal yang Ada di Dapur | Tulungagung TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Tips Atasi Gatal pada Kulit, Hanya Pakai Bahan Herbal yang Ada di Dapur

Jul 01, 2022 08:22
Ilustrasi (Foto: Medonet)
Ilustrasi (Foto: Medonet)

JATIMTIMES - Gatal pada kuit adalah salah satu penyakit yang menyiksa pada sebagian orang. Berbagai cara pengobatan dilakukan untuk mengatasi gatal pada kulit.

Biasanya gatal diobati dengan obat kimia seperti salep atau pil menurut anjuran dokter. Namun ternyata ada bahan herbal yang ampuh mengatasi gatal pada kulit, kata dr. Zaidul Akbar.

Baca Juga : Gelar Seminar Berbasis Branding, KNKT Ilmu Komunikasi Unesa Dorong Kebangkitan UMKM Blitar

dr. Zaidul Akbar kali ini berbagi tips untuk meredakan gatal-gatal yang menyiksa kulit. Gatal pada kulit bisa reda dan sembuh dengan resep herbal ala dr. Zaidul Akbar.

Gatal biasanya disebabkan dari berbagai faktor seperti makanan, kuman, dan infeksi jamur pada kulit. dr. Zaidul Akbar mengatakan, gatal bisa dihilangkan hanya dengan menggunakan bahan yang ada di dapur.

Bahan-bahan untuk mengobati gatal di tubuh biasa digunakan ibu-ibu sebagai bumbu masakan. Bahan dapur yang dimaksud adalah jahe, lengkuas, dan serai.

Sebelum dibalurkan ke badan, jahe, lengkuas, dan serai harus diparut terlebih dahulu.

"Paling bagusnya diparut ya, kemudian parutannya ditambahkan air mendidih," jelas dr. Zaidul Akbar dilansir dari Kanal YouTube Bisikan.com, Jumat (1/7/2022). 

dr. Zaidul Akbar menyebutkan ramuan ini diseduh menggunakan air mendidih selama 3 menit. Setelah direndam, lalu ramuan penyembuh gatal harus disaring.

"Hasil saringannya nanti diambil ampasnya," ucap dr. Zaidul Akbar.

Baca Juga : Pemerintah Percepat Vaksinasi Hewan Ternak Guna Kendalikan Penyebaran PMK Jelang Iduladha

Agar resep penyembuh penyakit gatal bisa berfungsi optimal, ampas saringan jahe, lengkuas dan serai dicampurkan dengan minyak zaitun.

Setelah dicampurkan dengan minyak zaitun, baru dibalurkan ke bagian tubuh yang mengalami gatal-gatal.

"Kemudian, ampasnya tadi dibalurkan ke bagian yang gatal. Ramuan tersebut jadi obat luar sekaligus obat dalam," kata dr. Zaidul Akbar.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa cara ini sangat simpel dan efektif untuk menyembuhkan gatal pada kulit.

"Sesimpel itu kan, tapi dengan izin Allah, banyak kasus penyakit gatal, dengan ramuan ini satu pekan sudah sembuh," pungkas dr. Zaidul Akbar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
dr zaidul akbar Tips Sehat

Berita Lainnya