SMPN 1 Besuki, Sekolah Anak Pantai dengan Segudang Prestasi | Tulungagung TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

SMPN 1 Besuki, Sekolah Anak Pantai dengan Segudang Prestasi

Jun 28, 2022 18:37
Kepala SMPN 1 Besuki Samsuri saat acara seremonial atas prestasi yang didapat siswa-siswinya. (Foto: Humas for TulungagungTIMES)
Kepala SMPN 1 Besuki Samsuri saat acara seremonial atas prestasi yang didapat siswa-siswinya. (Foto: Humas for TulungagungTIMES)

JATIMTIMES - Meskipun secara geografis tidak berada di wilayah perkotaan, SMPN 1 Besuki Kabupaten Tulungagung ternyata mempunyai segudang prestasi dan kearifan lokal di dalamnya. Terbukti, siswa-siswi SMPN 1 Besuki berhasil meraih juara baik di perlombaan tingkat kabupaten maupun tingkat Provinsi Jawa Timur.

Kepala SMPN 1 Besuki Samsuri mengatakan, SMPN 1 Besuki Tulungagung atau yang biasa disebut Stubesta  mempunyai sejumlah kaarifan lokal di dalamnya. Lokasi sekolah yang berada di Tulungagung bagian selatan atau berdekatan dengan wilayah pantai selatan menjadi keunikan tersendiri bagi sekolah ini.

Baca Juga : Anggota Dewan Motivasi Guru Terapkan Kurikulum Baru Merdeka dengan Optimal di Surabaya

"SMPN 1 Besuki mempunyai keunikan, dengan dijuluki sebagai sekolah anak pantai," kata Samsuri. Selasa (28/6/2022).

Selain dikenal sebagai sekolah anak pantai,  SMPN 1 Besuki juga mempunyai segudang prestasi. Bahkan, untuk olahraga sepak bola dan sepak takraw, siswa SMPN 1 Besuki selalu unggul dan mendapat juara.

Terbaru, siswa SMPN 1 Besuki yang bernama Muhammad Firdaus telah berhasil meraih juara pencak silat tingkat Kabupaten Tulungagung, dan beberapa kali menyabet juara pencak silat tingkat Provinsi.

"Muhammad Firdaus telah mendapat juara 1 kelas B remaja putra tingkat provinsi. Dan visi SMPN 1 Besuki adalah menjadikan karakter lokal sebagai unggulan mencetak prestasi," ungkapnya.

Menurut Samsuri, siswa SMPN 1 Besuki mayoritas berasal dari daerah pesisir. Hal ini dikarenakan letak geografis SMPN itu berada di wilayah selatan Kabupaten Tulungagung. Maka bukan hal aneh jika SMPN 1 Besuki dijuluki sebagai sekolah anak pantai.

Kondisi itu menjadikan siswa-siswi SMPN 1 Besuki banyak yang berkarakter ekstrovert (tipe kepribadian yang suka menghabiskan waktu bersama orang lain) yang mempunyai telenta, sehingga mempunyai banyak prestasi.

Selain itu, dengan memahami karakter siswa yang dipengaruhi oleh geografis tempat tinggalnya (ekstrovert) itu, SMPN 1 Besuki menjadikan potensi tersebut sebagai unggulan dalam meraih prestasi di bidang non akademik. Walaupun faktanya prestasi non akademik tetap berhasil dicapai oleh sekolah.

"Kegiatan-kegiatan sekolah pun dibuat dengan lebih mengangkat nilai sosialisasi, terbuka dan memberi stimulus eksternal," jelasnya.

Samsuri juga mengungkapkan, dalam mengangkat kearifan lokal,  acara purnawiyata siswa kelas 9 SMPN 1 Besuki 2022 juga dikemas dengan nuansa yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. 

Baca Juga : Anggota Dewan Motivasi Guru Terapkan Kurikulum Baru Merdeka dengan Optimal di Surabaya

Yang membuat berbeda adalah kegiatan purnawiyata itu ditambah dengan prosesi sungkeman. Artinya setelah selesai acara seremonial sambutan kepala sekolah, anak-anak yang diwisuda melakukan sungkem kepada orang tuanya masing-masing sehingga menimbulkan suasana haru yang luar biasa.

Untuk diketahui, prestasi yang telah diraih SMPN 1 Besuki sepanjang 2021-2022 adalah sebagai berikut : juara 1 sepak bola internal Askab Tulungagung 2021, juara 1 kelas B remaja putra pencak silat tingkat Provinsi Jawa Timur 2022 dan juara 1 sepak takraw tingkat Kabupaten Tulungagung 2022.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Tulungagung, Rahadi Puspita Bintara melalui Sekretaris Disdikpora Syaifudin Juhri mengatakan, pihaknya selalu memonitor setiap sekolah yang ada di wilayah kerjanya.

Menurut dia, keunggulan setiap sekolah saat ini membuktikan kinerja yang positif. Selain itu, menggali potensi wilayah, karakter serta potensi SDM dari siswa adalah harus dilakukan oleh setiap sekolah.  Tujuannya agar setiap sekolah di Tulungagung mempunyai prestasi, keunggulan dan ciri khas masing-masing.

"Inovasi-inovasi memang harus selalu dilakukan, dan akan lebih maksimal jika inovasi itu berdasarkan kearifan lokal yang ada di sekolah itu sendiri," kata Syaifudin Juhri.

Sebagai dinas yang mengurusi pendidikan di Tulungagung, dirinya akan terus memberikan support dan apresiasi kepada sekolah-sekolah yang berani melakukan inovasi dan memacu siswanya untuk bisa berpretasi baik di tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
SMPN 1 Besuki berita tulungagung

Berita Lainnya