Kendalikan Gula Darah, Ganti Nasi dengan Rutin Konsumsi 3 Bahan Alami Ini | Tulungagung TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Kendalikan Gula Darah, Ganti Nasi dengan Rutin Konsumsi 3 Bahan Alami Ini

Jun 27, 2022 09:35
Ilustrasi mengecek tekanan gula darah. (Foto: Alodokter)
Ilustrasi mengecek tekanan gula darah. (Foto: Alodokter)

JATIMTIMES - Jika sudah terkena gula darah, memang banyak pantangan yang harus dihindari supaya tetap stabil. Nyatanya bukan hanya makanan saja yang harus dihindari, namun juga minuman yang mengandung gula pasir perlu ditinggalkan.

Dokter yang juga penceramah dr. Zaidul Akbra mengatakan, jika makanan atau minuman yang mengandung gula pasir sering dikonsumsi, maka besar kemungkinan gula darah di tubuh akan cepat naik. Selain gula pasir, yang memicu gula darah adalah mengkonsumsi tepung-tepungan.

Baca Juga : Lodeh Rebung Blendrang, Nagih di Lidah Orang Tulungagung

“Gula pasir itu kalau dimakan berlebihan pasti akan meningkatkan gula darah, demikian pula dengan tepung-tepungan,” ungkap dr. Zaidul Akbar.

Jika mengonsumsi tepung-tepungan lama akan membuat gula darah naik. Untuk itu, dr. Zaidul Akbar menyarankan agar selalu memakan makanan yang sehat seperti buah-buahan dan sayuran.

“Jadi sumber-sumber yang kira-kira berpotensi untuk menaikan gula darah itu di stop ya,” terang dr. Zaidul Akbar.

dr. Zaidul Akbar memberikan saran cara mudah mengendalikan gula darah supaya tetap terjaga tidak naik, ada tiga bahan yang perlu dikonsumsi. Yakni kayu manis, temulawak dan pare.

“Kayu manis sangat bagus untuk mengendalikan gula darah. Termasuk juga temulawak, itu bisa ditambahkan nanti dengan pare,” imbuh dr. Zaidul Akbar.

Baca Juga : Fitur X8 Speeder APK Yang Wajib di Ketahui Pengguna!

Tiga bahan alam itu mudah didapat, jadi bisa diolah dan diminum secara teratur agar gula darah bisa terkendali. dr. Zaidul Akbar pun tidak menyarankan untuk makan dengan nasi, namun bisa menggantinya dengan mengkonsumsi nasi coklat, nasi merah atau nasi hitam.

“Jadi mulai berganti untuk makan dengan beras coklat, beras hitam dan beras merah. Jadi jangan tinggalkan karbohidratnya. Tetap makan dengan jumlah yang terkontrol,” tutup dr. Zaidul Akbar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
dr zaidul akbar gula darah

Berita Lainnya