Kabar Gembira, Beasiswa LPDP Tahap 2 Dibuka 4 Juli 2022 | Tulungagung TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Kabar Gembira, Beasiswa LPDP Tahap 2 Dibuka 4 Juli 2022

Jun 25, 2022 19:30
Pengumuman pembukaan beasiswa LPDP tahap kedua (Ist)
Pengumuman pembukaan beasiswa LPDP tahap kedua (Ist)

JATIMTIMES - Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan kembali membuka program beasiswa tahap kedua tahun 2022. Hal ini tentunya menjadi kabar menggembirakan bagi para pencari beasiswa.

Para lulusan D4 hingga S2 yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri bisa melamar. Dilansir dari situs resmi lpdpdotkemenkeudotgodotid, pendaftaran beasiswa LPDP tahap 2 tahun 2022 akan segera dibuka mulai 4 Juli 2022 sampai 5 Agustus 2022. 

Baca Juga : Diperkuat Ronaldinho, RANS Nusantara FC Serius Hadapi Trofeo vs Arema FC dan Persik Kediri

"Beasiswa yang dibuka pada tahap kedua ini ditawarkan untuk pelamar beasiswa umum, afirmasi, dan targeted," kutip dari laman resmi LPDP, Sabtu (26/6/2022).

Dalam Beasiswa Umum terdapat tiga jenis beasiswa. Pertama, Beasiswa Reguler 2022. Beasiswa Reguler ini diperuntukkan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah menyelesaikan studi program D4 atau S1 untuk beasiswa magister dan untuk beasiswa doktor luar negeri.

Kedua, Beasiswa Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD). Beasiswa PTUD diperuntukkan bagi WNI  yang telah memperoleh Letter of Admission/Acceptance Unconditional dari PTUD untuk menempuh jenjang pendidikan Magister dan Doktor. Ketiga, Beasiswa Co-Founding. Beasiswa Co-Funding ditujukan untuk pendaftar beasiswa jenjang Magister Luar Negeri, program Beasiswa Reguler dan Beasiswa PTUD melalui skema Besiswa Semi Mandiri.

Pada Beasiswa Targeted, terdapat tiga jenis beasiswa. Yakni Beasiswa PNS, TNI, dan Polri. Beasiswa ini diperuntukkan bagi Pegawai Negeri Sipil/Anggota TNI/Polri yang telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1) untuk beasiswa magister atau menyelesaikan studi program magister (S2) untuk beasiswa Doktor. Untuk Beasiswa Kewirausahaan, adalah beasiswa jenjang magister luar negeri yang diperuntukkan bagi warga negara Republik Indonesia yang bergerak dalam bidang kewirausahaan.

Kemudian kelompok beasiswa ketiga adalah Beasiswa Targeted. Beasiswa ini kerja sama Bidang Metalurgi dan Sains Material. Beasiswa ini merupakan program beasiswa kerja sama Indonesia dan Tiongkok. Bidang Metalurgi Dan Sains Material adalah program kerja sama pendanaan beasiswa di bidang  Metalurgi antara LPDP, Central South University, dan GEM Co. Ltd yang berlangsung selama 3 tahun dimulai pada tahun 2022 sampai dengan 2025.

Masing-masing pihak mendanai beasiswa selama 1 tahun periode akademik. Pembiayaan beasiswa pada tahun pertama dilaksanakan oleh School of Metallurgy and Environment, Central South University (CSU), pada tahun kedua dilaksanakan oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), dan pada tahun ketiga dilakukan oleh GEM Co. Ltd.

Kemudian kelompok Beasiswa Afirmasi. Terdapat 4 jenis beasiswa pada kelompok ini. Yakni, Beasiswa Kelompok Disabilitas 2022, Beasiswa Daerah Afirmasi, Beasiswa Pra Sejahtera dan Beasiswa Putra Putri Papua.

Beasiswa Penyandang Disabilitas adalah program beasiswa yang ditujukan untuk masyarakat penyandang disabilitas yang memenuhi persyaratan LPDP, yaitu: penyandang disabilitas fisik, penyandang disabilitas intelektual, penyandang disabilitas mental, penyandang disabilitas sensorik dan penyandang disabilitas ganda atau multi.

Baca Juga : Antisipasi PMK, Petugas Medis DKPP Jemput Bola Berikan Vaksinasi ke 100 Ekor Sapi

Untuk Beasiswa Daerah Afirmasi, merupakan beasiswa dengan sasaran masyarakat yang berasal dari daerah afirmasi dan memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh LPDP. Beasiswa Prasejahtera merupakan beasiswa yang ditujukan untuk mereka yang berasal dari keluarga miskin atau prasejahtera. Dan yang terakhir adalah Beasiswa Putra Putri Papua. Beasiswa Putra-Putri Papua merupakan program beasiswa magister dan doktor yang diperuntukkan bagi putra-putri daerah Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat. Akan tetapi terdapat beberapa ketentuan, yakni bermarga asli Papua, Ibu kandung adalah orang Papua asli, atau bapak kandung adalah orang Papua asli.

Cara Pendaftaran Beasiswa LPDP

Pendaftaran beasiswa tersebut dilakukan dengan mendaftar secara online pada situs Pendaftaran Beasiswa LPDP, https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/.
Setelah itu, pendaftar harus melengkapi dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan pada aplikasi pendaftaran. Selanjutnya, pastikan melakukan submit aplikasi pendaftaran untuk mendapatkan kode registrasi atau pendaftaran.

Usia mendaftar, selanjutnya akan dilakukan seleksi administrasi pada tanggal 8 sampai Agustus 2022, berlanjut pada 22 Agustus 2022 pengumuman hasil seleksi administrasi; 29 Agustus sampai 10 September 2022 seleksi bakat skolastik; 15 September 2022 pengumuman hasil seleksi bakat skolastik; 26 September sampai 26 November Seleksi Substansi dan 11 November 2022 pengumuman hasil seleksi Substansi.

"Seleksi Beasiswa LPDP pada tahap 2, perkuliahan paling cepat dimulai Januari 2023," kutip dari laman LPDP.

Sementara itu, untuk informasi lebih lanjut perihal persyaratan pendaftaran yang harus dipenuhi, serta apa saja yang didapat para pendaftar ketika lolos, langsung saja pergi ke laman resmi LPDP.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
lpdp kemenkeu beasiswa kemenkeu

Berita Lainnya