Tiket Masuk Candi Borobudur Rp 750 Ribu Banjir Protes, Ganjar Pranowo Buka Suara | Tulungagung TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Tiket Masuk Candi Borobudur Rp 750 Ribu Banjir Protes, Ganjar Pranowo Buka Suara

Jun 06, 2022 10:12
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto: IST)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto: IST)

JATIMTIMES - Rencana naiknya harga tiket Candi Borobudur menjadi Rp 750 ribu banjir protes dari masyarakat Indonesia, terutama di media sosial. Bahkan, Borobudur sempat menjadi trending topic di Twitter. 

Banyak warganet yang mengeluh terkait wacana kenaikan harga tiket yang cukup mahal itu. Terkait hal itu, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo akhirnya buka suara.

Baca Juga : Dubes RI untuk Rumania dan Moldova Kunjungi Kota Madiun, Puji Kota Inovatif

Ganjar menyebut tarif Rp750 ribu itu untuk wisatawan yang hendak naik ke bangunan Candi Borobudur. Sementara tiket masuk Candi Borobudur hanya Rp 50 ribu.

Wisatawan yang membayar tiket masuk Rp 50 ribu hanya bisa masuk sampai di pelataran Borobudur. Mereka tidak bisa naik ke area stupa.

"Masuk kawasan dan naik ke candi, dua hal ini perlu disampaikan ke publik agar bisa tahu kenapa ada pembatasan orang naik ke candi," kata Ganjar. 

Lebih lanjut, Ganjar mengatakan saat ini wisatawan masih belum diizinkan naik ke candi. Mereka hanya boleh di kawasan pelataran Candi Borobudur.

Menurut Ganjar, wacana tarif masuk sebesar Rp 750 ribu bagi pelancong lokal dan US$ 100 bagi wisatawan mancanegara untuk membatasi jumlah pengunjung yang akan naik ke candi.

Ganjar pun meminta para pedagang di sekitar kompleks Candi Borobudur tidak perlu khawatir. Menurut dia, pengunjung yang datang berwisata ke candi akan tetap ramai seperti biasanya.

Lebih lanjut Ganjar mengatakan dalam rencana ini, harga tiket untuk pelajar justru akan jauh lebih murah. Tiket pelajar yang sebelumnya Rp 25 ribu per orang rencananya akan turun menjadi Rp 5 ribu per orang.

Baca Juga : Begini Gejala Sapi Milik Peternak di Pujon yang Diduga PMK

"Pertimbangan bagaimana pelajaran masuk. Kemarin justru diturunkan jadi Rp 5 ribu. Saat nanti butuh edukasi perdalam konten ilmu pengetahuan, maka itu kebijakan khusus pelajar," kata Ganjar. 

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan berencana menaikkan harga tiket masuk Candi Borobudur menjadi Rp750 ribu untuk wisatawan lokal dan US$ 100 untuk wisatawan asing. Sementara harga tiket untuk pelajar dipatok Rp 5 ribu.

Kuota turis ke Candi Borobudur juga dibatasi hanya 1.200 orang per hari. Mereka pun wajib menggunakan jasa pemandu wisata atau tour guide dari warga lokal sekitar kawasan Borobudur.

Luhut mengatakan keputusan naiknya harga tiket ini demi melestarikan kekayaan sejarah dan budaya Indonesia. Selama ini, kunjungan ke Candi Borobudur overload (melebihi kapasitas) sehingga bangunan candi sering rusak. Namun Luhut mengatakan bahwa keputusan itu masih belum final.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Candi Borobudur Tiket masuk Candi Borobudur

Berita Lainnya