Legislator Gerindra Ini Kritisi Lambannya Penanganan Jalan Rusak di Kabupaten Tulungagung | Tulungagung TIMES

Legislator Gerindra Ini Kritisi Lambannya Penanganan Jalan Rusak di Kabupaten Tulungagung

May 13, 2022 19:10
Anggota DPRD Komisi C Widodo Prasetyo (Foto: Istimewa/ TulungagungTIMES)
Anggota DPRD Komisi C Widodo Prasetyo (Foto: Istimewa/ TulungagungTIMES)

JATIMTIMES - Politisi dan legislator Gerindra, Widodo Prasetyo yang berasal dari daerah pilihan IV Tulungagung, kritisi lambannya perbaikan jalan berlubang. Menurut anggota Komisi C, DPRD Kabupaten Tulungagung ini, partai Gerindra melalui komisi D, akan terus menanyakan penggunaan dana Rp 100 miliar untuk pemeliharaan jalan ini.

"Saat reses, konstituen selalu menanyakan terkait jalan berlubang khususnya di Desa Sambitan Kecamatan Pakel," kata Widodo, paska melakukan kegiatan reses, Jum'at (13/4/2022).

Baca Juga : Keseriusan DKPP Halau PMK Jangkiti Hewan Ternak di Kota Kediri

Disebutkan Widodo, pihak partai dan fraksi Gerindra sebelum menanyakan ke bupati, komisi yang membidangi akan ke Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), guna mencari kejelasan kebijakan yang lambat di eksekusi ini.

“Yang jelas kita akan tanyakan dulu ke dinas terkait sebelum ke bupati, hasil reses ini akan juga kita bahas di fraksi,” ujarnya.

Karena kondisi jalan rusak di berbagai tempat sudah masuk kategori rawan bagi penggunanya, ia mendukung jika dana desa (DD) dapat digunakan untuk perbaikan.

"Saya setuju dana desa digunakan dapat dianggarkan untuk memperbaiki jalan rusak ini, selain akan lebih cepat ditangani juga tidak membebani APBD," ungkap politisi yang juga mantan wartawan ini.

Apa yang disampaikan Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo melalui media agar pemerintah desa menggunakan DD untuk perbaikan jalan bagi Widodo merupakan kebijakan yang baik dan perlu didukung.

"Itu kebijakan yang baik, juga harus didukung dengan pertanggungjawaban yang benar dan dasar penggunaan anggaran itu," beber anggota DPRD Kabupaten Tulungagung, tiga periode ini.

Dalam reses ini, rusaknya infrastruktur jalan memang menjadi prioritas usulan masyarakat dalam pelaksanaan reses DPRD Tulungagung. 

Baca Juga : Hujan Deras Disertai Angin Kencang Rusak Sejumlah Bangunan di Desa Tingal Blitar

Dalam kegiatan reses, Kepala Desa Sambitan Kecamatan Pakel Mujiono melalui Kaur Kesra Ongki mengatakan, mewakili warga desa mengusulkan agar infrastruktur jalan di wilayah Desa Sambitan segera ada perbaikan, terutama jalan menuju ke area pertanian yaitu dengan pengecoran.

Selain perbaikan jalan, Ongki juga mengusulkan agar ada program pemerintah berupa bantuan untuk pembangunan plengsengan dan parit agar akses jalan menuju ke area pertanian tidak becek ketika musim penghujan.

"Warga minta perbaikan infrastruktur jalan Desa Sambitan dengan pengecoran jalan, serta bantuan pemerintah berupa plengsengan dan parit," kata Ongki, Rabu (11/5/2022) malam.

Selain dari warga di Desa Sambitan, aspirasi yang sama sudah banyak yang masuk terkait rusaknya infrastruktur jalan. Bahkan, salah dikatakan sudah hampir merata di seluruh wilayah Kabupaten Tulungagung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
partai gerindra tulungagung DPRD Tulungagung perbaikan jalan tulungagung

Berita Lainnya