Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

6 Manfaat Minum Air Rebusan Ubi Bagi Kesehatan, Bisa Cegah Kanker

Penulis : Desi Kris - Editor : Pipit Anggraeni

10 - May - 2022, 08:16

Ubi (Foto: Clube Fitness)
Ubi (Foto: Clube Fitness)

JATIMTIMES - Masyarakat tentu tentu tak asing lagi dengan ubi jalar. Bahkan saat bulan puasa kemarin, ubi selalu laris manis untuk dijadikan kolak.

Rasanya yang manis dan dagingnya empuk membuat kita ketagihan. Namun siapa sangka, ubi jalar ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan hanya dengan minum air rebusannya.

Baca Juga : Belum Ada Imbauan Khusus Soal Hepatitis Misterius, Dispendik Kabupaten Malang Masih Optimalkan Prokes

Manfaat air rebusan ubi ini bisa membawa perubahan tak terduga untuk tubuh. Diketahui kandungan protein pada air rebusan ubi jalar mengandung banyak zat pati.

Di mana zat pati sangat baik untuk menekan nafsu makan, sehingga tidak mudah lapar. Apa saja manfaat air rebusan ubi jalar ini?

Berikut 6 manfaat air rebusan ubi jalar lain dikutip dari jamaicaobserver.com.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jika kalian tipe orang yang mudah terserang penyakit, seperti flu, pilek, batuk, dan penyakit lainnya, ada baiknya mencoba konsumsi air rebusan ubi jalar untuk tingkatkan sistem kekebalan tubuh.

Pasalnya di dalam ubi jalar ini terdapat kandungan vitamin C yang bersifat antioksidan.

2. Sumber zat besi untuk cegah anemia

Bagi penderita anemia, coba rutin konsumsi air rebusan ubi jalar atau olah dalam bentuk apa pun. Dengan rutin konsumsi rebusan ubi jalar tubuh yang kekurangan zat besi akan kembali meningkat.

Sehingga meningkat pula produksi sel darah merah yang mencegah terjadinya anemia.

3. Mengobati gejala pramenstruasi

Baca Juga : Peserta JKN-KIS Dapat Akses Pelayanan Kesehatan, Cukup dengan KTP

Rebusan ubi jalar juga bisa mengatasi gejala pramenstruasi. Hal ini berkaitan dengan keluhan anemia yang sebagian besar wanita rasakan. Pasti tidak akan menyesal kalau sudah mencobanya.

4. Cegah kanker

Kandungan betakarotin atau vitamin A dalam jumlah yang tinggi pada ubi jalar sangat ampuh untuk mencegah berbagai jenis kanker.

5. Mengurangi stres

Rebusan ubi jalar yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh ini, ternyata juga mampu mengurangi stres loh. 

6. Meningkatkan metabolisme tubuh

Ubi jalar mengandung mangan yang bagus untuk meningkatkan metabolisme. Sehingga akan membantu menjaga keseimbangan kadar gula darah dalam tubuh dengan minum air rebusannya. 


Topik

Kesehatan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Pipit Anggraeni