Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Waspada! 10 Penyakit yang Mungkin Terjadi Pasca Lebaran

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Pipit Anggraeni

08 - May - 2022, 19:58

Ilustrasi sakit radang tenggorokan. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi sakit radang tenggorokan. (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Pasca menikmati momentum libur Lebaran 2022 di Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, masyarakat perlu mewaspadai beberapa penyakit yang kemungkinan akan terjadi. Pasalnya, selama lebaran makanan yang disajikan mengandung banyak garam, gula, minyak serta lemak yang tinggi.

Berikut 10 penyakit yang dirangkum oleh JatimTIMES.com, yang kemungkinan terjadi kepada masyarakat pasca lebaran dan perlu diwaspadai.

1. Radang tenggorokan

Baca Juga : Buat Masyarakat Nyaman Libur Lebaran, Polres Malang Amankan Obyek Wisata

Makanan-makanan yang tersaji dalam momentum lebaran terbuat dari berbagai jenis bumbu yang kuat. Konsumsi makanan lebaran secara berlebihan bisa memicu terjadinya radang tenggorokan atau faringitis. Karena telah terjadi infeksi virus dan bakteri pada tenggorokan.

Gejala yang umum dirasakan ketika masyarakat mengalami radang tenggorokan yakni telah terjadi sensasi yang tidak nyaman pada tenggorokan, seperti terasa kering, perih dan gatal. Selain itu, gejala radang tenggorokan meliputi sakit pada tenggorokan, nyeri saat berbicara, terasa sakit ketika menelan, bengkaknya kelenjar getah bening di leher, suara serak dan amandel bengkak kemerahan.

2. Flu dan batuk

Setelah menikmati berbagai macam jenis hidangan khas lebaran, penyakit yang perlu diwaspadai masyarakat yakni flu dan batuk. Pasalnya, salah satu sajian yang disuguhkan berbagai minuman manis dan dingin.

Meskipun menyegarkan, mengonsumsinya secara berlebihan dapat memicu batuk. Selain itu, momentum lebaran membuat seseorang lebih sering bersalaman dengan banyak orang, di mana hal ini memungkinkan berisiko terpapar virus.

3. Diare

Momentum lebaran merupakan waktu yang paling tepat untuk makan dan mencicipi hidangan yang ada di kampung halaman. Di saat inilah sulit bagi masyarakat untuk mengontrol apa yang masuk ke dalam mulut. Mulai dari yang pedas, asam, asin, maupun manis, semuanya masuk ke dalam perut dan bercampur menjadi satu. Hal itu dapat memicu penyakit diare.

Penyakit setelah lebaran ini terjadi karena makanan yang beraneka ragam bisa memicu kondisi sensitif pada lambung. Belum lagi tidak semua hidangan yang disajikan terjamin sehat dan terbebas dari penyakit. Apalagi makanan atau minuman yang dikonsumsi tidak higienis dapat memicu diare.

4. Maag

Penyakit yang dapat muncul usai lebaran adalah maag. Penyakit ini terjadi karena perubahan pola makan selama berpuasa dengan melampiaskan ketika lebaran dengan mengonsumsi terlalu banyak makan. Beberapa gejala maag yang dapat dikenali yakni mulai nyeri perut pada bagian atas, nyeri ulu hati, sering bersendawa, kembung perut bagian atas, mual dan muntah.

5. Peningkatan kadar kolestrol

Ketika momentum lebaran, banyak sekali sajian makanan yang terbuat dari santan atau digoreng dengan minyak. Hidangan yang terbuat dari santan biasanya terdiri dari opor ayam, rendang, aneka minuman, dan berbagai jenis kue.

Jika masyarakat memiliki riwayat kolesterol yang cukup tinggi, beberapa makanan tersebut akan menjadi pemicu penyakit pasca lebaran dan dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Dampaknya, muncul rasa nyeri di sekujur tubuh dan membuat aktivitas sehari-hari terganggu.

Meski demikian, tidak ada larangan bagi masyarakat untuk mengonsumsi makanan bersantan. Namun, lebih baik masyarakat dapat membatasi konsumsinya agar tidak berlebihan dan memberikan efek negatif pada tubuh. Terlebih lagi, yang harus menjadi perhatian yakni pasien dengan asam urat tinggi. Hal itu dapat menjadi parah apabila mengonsumsi makanan atau minuman khas Lebaran secara berlebihan.

6. Migrain

Baca Juga : Banjir Kupat di Tulungagung, Semua Boleh Makan Sepuasnya

Pasca lebaran, penyakit yang harus diwaspadai selanjutnya yakni migrain. Penyakit kepala sebelah ini dapat terjadi akibat waktu istirahat yang terbatas, stres, dan pola makan yang tidak sehat.

Penyakit migrain dapat membuat sensitif terhadap cahaya. Semakin terang lingkungan, maka rasa sakit akan semakin parah. Ketika mengalami migrain, maka dianjurkan untuk istirahat di ruangan yang redup.

Lalu untuk makanan yang bisa memicu penyakit migrain adalah makanan pedas, makanan yang digoreng, dan makanan bersantan. Penganan yang gurih dan manis seperti keju, cokelat, dan camilan yang banyak mengandung MSG juga dapat memicu serangan migrain. Selain itu minuman berjenis kopi dan minuman bersoda dapat memicu migrain.

7. Kambuh penyakit kronis

Makanan atau minuman yang biasa disajikan ketika lebaran juga bisa membuat penyakit yang diderita sebelumnya kambuh. Penyakit Diabetes adalah contoh penyakit yang dapat kambuh. Berbagai makanan dan minuman yang mungkin mengandung kolesterol tinggi, berlemak, dan mungkin tidak sehat.

8. Nyeri Otot

Selain penyakit yang disebabkan oleh makanan dan minuman yang disajikan pada momentum lebaran, terdapat penyakit yang timbul dikarenakan aktivitas fisik berlebih yakni nyeri otot.

Pasalnya aktivitas fisik yang tinggi untuk bersilaturahmi juga dapat menjadi pemicunya. Bersilaturahmi dengan mengunjungi saudara, tetangga, dan berwisata dapat menyebabkan nyeri otot, terutama pada kaki. Untungnya, istirahat dapat membantu meredakan kondisi tersebut.

9. Tekanan darah tinggi

Penyakit pasca momentum lebaran yang kerap kali terjadi yakni tekanan darah tinggi atau hipertensi. Seseorang dapat dikatakan mengalami hipertensi apabila tekanan darahnya menunjukkan angka 130/80 mmHg atau lebih. Beberapa makanan khas Lebaran yang dapat memicu hipertensi adalah makanan berlemak, makanan manis, makanan tinggi garam, dan daging olahan.

10. Kelelahan

Kelelahan bukan merupakan jenis penyakit yang kerap kali terjadi ketika pasca lebaran seperti penyakit lainnya. Namun, kondisi kesehatan ini cukup riskan dan memicu munculnya sakit lainnya. Oleh karena itu, kondisi ini harus segera diatasi agar tubuh kembali fit dan bisa segera melakukan aktivitas harian dengan baik.

Jika mengalami kelelahan karena terlalu banyak mengunjungi saudara dan begadang setiap malam, tubuh akan cepat mengalami penurunan imunitas. Maka disarankan untuk meminum multivitamin yang bisa memberikan energi pada tubuh, setelah itu dilanjutkan dengan istirahat.


Topik

Kesehatan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Pipit Anggraeni