Bikin Gemas, Begini Lucunya Anak TK di Tulungagung yang Berbusana Adat saat Peringati Hari Kartini | Tulungagung TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Bikin Gemas, Begini Lucunya Anak TK di Tulungagung yang Berbusana Adat saat Peringati Hari Kartini

Apr 21, 2022 21:04
Anak-anak TK Al-Khotidjah desa Gedangan, Campurdarat. (Foto : Anang Basso/TulungagungTIMES).
Anak-anak TK Al-Khotidjah desa Gedangan, Campurdarat. (Foto : Anang Basso/TulungagungTIMES).

JATIMTIMES - Momen hari Kartini yang selalu datang pada 21 April memang tak pernah dilewatkan. Tanpa kecuali oleh siswa dan siswi di Taman Kanak-kanak (TK) Al-Khotidjah, Dusun Bandil, Desa Gedangan, Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung. Dengan gemasnya, para siswa dan siswinya menggunakan pakaian adat Jawa di hari bersejarah tersebut.

Tampak anak-anak didandani dengan cantik dan gagah memakai pakaian khas ala jaman dulu (Jadul). Merekapun dengan senang bermain dan mengikuti pelajaran seperti biasa.

Baca Juga : Inilah 5 Amalan Sunah Idul Fitri sesuai Anjuran Nabi Muhammad SAW

Kepala TK Al-Khotidjah, Siti Hindun menjelaskan, ada 50 murid yang ikut dalam kegiatan ini. Mereka terbagi di kelas A dan B TK Al-Khotidjah mengunakan busana adat yang ditentukan oleh guru sekolah.

"Kita  setiap tahun rutin melakukan ini, dengan cara ini, kita harapkan anak-anak dapat terbentuk karakter dan mengenalkan adat Jawa yang luhur," kata Hindun.

Dengan semangat Kartini ia berharap akan menumbuhkan kreatifitas dan rasa percaya diri anak.

"Jika percaya diri anak sudah muncul maka kreatifitas anak akan mengikuti, kita ingin agar anak-anak kita bisa menjadi anak yang memiliki semangat seperti Raden Ajeng Kartini," ujarnya.

Baca Juga : Awal Mula Idul Fitri, Ternyata Bertepatan dengan Peristiwa Badar dan Penuh Keistimewaan

Rutinitas penggunaan pakaian adat di Hari Kartini selalu mendapat dukungan dari para orang tua siswa dan masyarakat di desa tempat taman pendidikan ini berdiri.

Salah satu orang tua, Heri juga mengaku bangga saat anaknya di haruskan memaki pakaian adat ini. Orang tua dari siswa Halim Martha Saher Syaifullah ini juga memberi support penuh pada TK di mana anaknya mengikuti belajar tiap hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Kabupaten Tulungagung peringatan hari kartini

Berita Lainnya