10/12/2022 Cair H-10 Lebaran, THR PNS Lebih Besar dari Tahun Lalu, Berikut Komponen Tambahannya | Tulungagung TIMES

Cair H-10 Lebaran, THR PNS Lebih Besar dari Tahun Lalu, Berikut Komponen Tambahannya

Apr 17, 2022 10:30
Ilustrasi (Foto: mekar.id)
Ilustrasi (Foto: mekar.id)

Pewarta: Desi Kris | Editor: Dede Nana

JATIMTIMES - Kabar bahagia untuk pada Aparatur Sipil Negara (ASN). Pasalnya, Pemerintah akan memberikan tunjangan hari raya (THR) kepada ASN pusat, daerah, TNI, Polri, hingga pensiunan pada tahun ini yang jumlahnya lebih besar dari tahun sebelumnya.

Pemerintah akan mencairkan THR bagi PNS dan pensiunan pada H-10 sebelum lebaran Idul Fitri atau mulai 22 April 2022. 

Baca Juga : Hasil Gelar Perkara, Kasus Korban Begal Jadi Tersangka Amaq Sinta, Akhirnya Dihentikan

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan pemberian THR akan diberikan sebesar gaji pokok atau pensiunan pokok. Selain itu, pemerintah juga memberi tunjangan yang melekat pada gaji dan pensiun pokok.

Tunjangan yang melekat pada gaji atau pensiun pokok ini terdiri dari tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan jabatan struktural atau fungsional atau umum.

"Dan untuk tahun ini, kita tambahkan 50 persen dari tunjangan kinerja (tukin) per bulan bagi yang mendapatkan tunjangan kinerja. Jadi besarannya lebih besar dari 2021," ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers virtual, Sabtu (16/4/2022).

Sri Mulyani lantas mengatakan pemberian tambahan 50 persen dari tunjangan berlaku untuk PNS pusat. Sementara untuk PNS daerah, besaran tambahan penghasilan maksimal 50 persen, sehingga bisa kurang dari itu.

Secara total, pemerintah menyiapkan anggaran THR PNS mencapai Rp34,3 triliun. Anggaran tersebut terdiri dari anggaran THR PNS pusat sebesar Rp10,3 triliun, THR PNS daerah Rp15 triliun, dan THR pensiunan Rp9 triliun.

Baca Juga : Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Jalanan hingga Sekolah di Kota Malang Banjir

Anggaran THR PNS pusat berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Sedangkan untuk PNS daerah dari pos Dana Alokasi Umum (DAU) di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Sedangkan anggaran THR pensiun dari pos Bendahara Umum Negara (BUN).

Judul berita Cair H-10 Lebaran, THR PNS Lebih Besar dari Tahun Lalu, Berikut Komponen Tambahannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
thr pns Menteri Keuangan

Berita Lainnya