Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Siap-siap, BLT Minyak Goreng Rp 300 Ribu Bakal Cair Minggu Depan Lewat Kantor Pos

Penulis : Desi Kris - Editor : Pipit Anggraeni

09 - Apr - 2022, 14:53

Ilustrasi (Foto: IDX Channel)
Ilustrasi (Foto: IDX Channel)

JATIMTIMES - Pemerintah telah mengumumkan memberikan BLT minyak goreng sebesar Rp 300 ribu untuk 3 bulan. Bantuan tersebut untuk membantu masyarakat meringankan beban di tengah tingginya harga minyak goreng.

Kementerian Sosial mengumumkan penyaluran BLT minyak goreng ini dilakukan April 2022, berbarengan dengan penyaluran program sembako dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Baca Juga : Ronda Sahur Sambil Berkerumun, Awas Jadi Sasaran Patroli Blue Light Polres Tulungagung

Penyaluran BLT minyak goreng ini disebut akan dilakukan melalui PT Pos Indonesia.

"Indeks bantuan Rp 100.000/bulan selama tiga bulan April Mei, Juni yang disalurkan sekaligus Rp 300.000," tulis Instagram @kemensosri, dikutip Sabtu (9/4/2022).

Terkait jadwal cairnya BLT minyak goreng juga dijelaskan oleh Sekretaris Kementerian Koordinator Perekonomian Susiwijono Moegiarso. Ia mengatakan BLT minyak goreng akan cair minggu depan.

Susiwijono menjelaskan, penyaluran BLT minyak goreng dilakukan secara bertahap sampai tanggal 21 April 2022. Dengan begitu penyalurannya diharapkan dapat selesai sebelum Lebaran sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"BLT minyak goreng tersalur pada bulan Ramadan atau paling lambat setidaknya seminggu sebelum Lebaran bisa kita realisasikan bersama-sama," kata Susiwijono. 

Baca Juga : Nyantri Ala Ketua DPD Partai Golkar Lumajang, Manfaatkan Momen Ramadan

Sedangkan, untuk target penerimanya dibagi menjadi 2 rumpun. Pertama rumpun yang termasuk dalam daftar BNPT dan PKH. 

Rumpun ini tanggung jawab Kementerian Sosial, di mana alokasi anggaran senilai Rp 6,2 Triliun untuk menyasar 20,65 juta orang.

Kemudian rumpun kedua, BLT minyak goreng juga disalurkan kepada 2,5 juta pedagang kaki lima warung (PKLW) makanan. Penyaluran ini dilakukan secara langsung oleh TNI/Polri di total 540 kabupaten/kota.


Topik

Ekonomi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Pipit Anggraeni