06/12/2022 SMPN 1 Rejotangan Sabet Juara Madya 3 pada Kejuaraan Paskibra Tingkat Jatim | Tulungagung TIMES

SMPN 1 Rejotangan Sabet Juara Madya 3 pada Kejuaraan Paskibra Tingkat Jatim

Mar 31, 2022 16:33
Kepala SMPN 1 Rejotangan Sukatrin, S.Pd., M.Pd. bersama grup Paskibra. (Foto: Ihwan for TulungagungTIMES)
Kepala SMPN 1 Rejotangan Sukatrin, S.Pd., M.Pd. bersama grup Paskibra. (Foto: Ihwan for TulungagungTIMES)

Pewarta: Muhamad Muhsin Sururi | Editor: A Yahya

JATIMTIMES - Sekolah ini memang tidak bisa disepelekan, meskipun secara geografis terletak di ujung timur Kabupaten Tulungagung tetapi mempunyai segudang prestasi mulai tingkat Kabupaten hingga Provinsi. Ya, Sekolah ini adalah SMPN 1 Rejotangan.

Terbaru, pada kejuaran lomba paskibra (pasukan pengibar bendera) tingkat Provinsi Jawa Timur yang digelar pada Minggu (27/3/2022) di Stadion Delta Sidoarjo, SMPN 1 Rejotangan meraih Juara 3 Kategori Madya.

Baca Juga : Wisuda 800 Mahasiswa di Periode II, Rektor UIN Beber Upaya Pengembangan Kampus hingga Capaian Prestasi

"Lomba Paskibra tingkat Provinsi Jawa Timur, kita dapat Juara Madya 3," kata Waka Kesiswaan SMPN 1 Rejotangan Drs. Akhmad Ihwan, M.Pd.I.

Ihwan mengaku, sekolahnya memang ada extra kurikuler Paskibra, bahkan Paskibra SMPN 1 Rejotangan sudah sering mendapatkan juara. Bahkan sebelum pandemi covid-19 juga pernah mendapat juara pada perlombaan tingka Jawa-Bali.

"Sebelum pandemi covid-19, kita mendapat juara tingkat Jawa-Bali. Kita mengirimkan 2 grup dan semuanya mendapat juara," ucapnya.

Dijelaskan, pelatih ektra kurikuler Paskibra adalah dari Alumni SMPN 1 Rejotangan sendiri, dan kebetulan juga menjadi salah satu pegawai di sekolah itu.

Pada lomba tingkat Provinsi yang di gelar di Stadion Delta Sidoarjo, perwakilan dari Tulungagung ada 2 SMP, salah satunya adalah SMPN 1 Rejotangan. Dan kategori yang diperlombakan ada 3 yaitu PBB murni, PBB variasi dan PBB Formasi

"Kejuaraan paskibra tingkat Provinsi itu, untuk tingkat SMP diikuti 35 grup dan SMA diikuti 45 grup. Kita kirim 1 grup dengan jumlah peserta 16 siswa," jelasnya.

Ihwan mengungkapkan, untuk memberikan motivasi kepada siswa lain atau adik tingkat, grup paskibra yang telah meraih juara ditampilkan di halaman sekolah. Selain memberikan motivasi, grup paskibra juga diharapkan bisa menjadi contoh kedisiplinan dan karakter bagi semua siswa.

"Rata-rata anak yang ikut paskibra mempunyai kedisiplinan dan karakter yang luar biasa. Alhamdulillah kemarin juga dapat respon bagus dari adik-adiknya, dan mayoritas juga ingin ikut kegiatan extra paskibra," ungkapnya.

Sebelum ikut kejuaraan tingkat Provinsi, kata Ihwan, grup paskibra SMPN 1 Rejotangan sempat vakum beberapa bulan karena terganggu dengan situasi pandemi covid-19, sehingga tidak bisa maksimal dalam latihan hanya sekedar pembelajaran secara teori.

Baca Juga : Pemilihan Rektor Universitas Brawijaya Masuk Pendaftaran Bacarek, Ini Jadwal dan Syaratnya

Karena ada kesempatan ikut lomba, anak-anak yang ikut paskibra digenjot untuk latihan dan akhirnya bisa mendapatkan juara itu. Paskibra sendiri, merupakan salah satu program unggulan yang jauh-jauh hari dipersiapkan oleh Sekolah mulai dari melakukan penyaringan siswa SD dan MI PPDB. Alhasil, banyak siswa yang tertarik masuk SMPN 1 Rejotangan.

"Alhamdulillah dari extra paskibra mempunyai output atau hasil siswa mempunyai karakter dan kedisiplinan bagus," ucapnya.

Mewakili Sekolah, Ihwan berharap siswa generasi berikutnya bisa melanjutkan keberhasilan dan prestasi dari kakak tingkatnya. Karena melalui Paskibra adalah salah satu cara, metode untuk mengarahkan siswa mendapatkan prestasi. Dan dengan ikut Paskibra para siswa bisa mempunyai karakter, disiplin dan tanggungjawab yang bagus.

"Kedepan, dengan prestasi ini para alumni bisa masuk ke SMA favorit secara gampang, dan bisa berkembang ke jenjang selanjutnya," tutupnya.

Sementara itu Kepala SMPN 1 Rejotangan Sukatrin, S.Pd., M.Pd. menambahkan, SMPN 1 Rejotangan atau disebut Sareta bertekat memajukan dan mendidik siswa-siswi dalam bidang akademis maupun non akademis.

Selain itu, Sareta juga mendidik Iman dan Taqwa agar para siswa bisa sukses di semua bidang dan tidak kalah dengan sekolah-sekolah yang berada di wilayah kota.

"Meskipun kita termasuk sekolah pinggiran. Sareta akan terus semangat dalam mewujudkan mimpi dan meraih cita-cita. Jadilah siswa yg berprestasi dalam segala hal dan tetap selalu berpedoman sukses dunia akhirat. katanya singkat.

Judul berita SMPN 1 Rejotangan Sabet Juara Madya 3 pada Kejuaraan Paskibra Tingkat Jatim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
smpn 1 rejotangan akhmad ihwan

Berita Lainnya