Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Keren, Mahasiswa Unisma Jadi Finalis Aksi Indonesia 2022

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

22 - Mar - 2022, 17:50

M Shoniful Hadi, mahasiswa Unisma yang lolos Aksi Indonesia 2002 dan Rektor Unisma Prof Dr Maskuri MSi (Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)
M Shoniful Hadi, mahasiswa Unisma yang lolos Aksi Indonesia 2002 dan Rektor Unisma Prof Dr Maskuri MSi (Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)

JATIMTIMES - M Shoniful Hadi, mahasiswa Universitas Islam Malang (Unisma) membuat bangga kampus bertagline dari NU untuk Indonesia dan Peradaban Dunia itu. Pasalnya Mahasiswa dari Fakultas Agama, Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Arab itu lolos dalam Aksi Indonesia 2022.

Aksi Indonesia 2022, merupakan ajang pencarian bakat di bidang syiar agama yang akan disiarkan langsung selama sebulan penuh oleh salah satu stasiun televisi swasta nasional.

Baca Juga : Polresta Banyuwangi Imbau Warga Tidak Lakukan Panic Buying dalam Menyikapi Kelangkaan Minyak Goreng

Ditemui di Unisma, M Shoniful Hadi menjelaskan, jika 
dirinya telah seringkali mengikuti berbagi ajang dakwah. Adanya Aksi Indonesia 2022, membuatnya tertatik untuk mendaftar.

Tahapan seleksi pun ia ikuti. Tahap awal, ia mengirimkan video dakwah berdurasi sekitar 3 menit. Setelah itu, seleksi dilakukan panitia hingga dari ribuan pendaftar, ia lolos pada tahapan berikutnya. 

"Dari ribuan pendaftar, diseleksi jadi ratusan. Seleksi melalui zoom dan dipantau langsung oleh tim Indonesia bersama para kiai di sana," jelasnya, Senin (22/3/2022).

Seleksi kemudian berlanjut pada seleksi berkas. Pada seleksi ini, digali detail data diri para peserta, mulai dari sekolah, pondok hingga kemampuan mengaji. 

"Baru sekitar 3 harian yang lalu, setelah Ashar dikabari kalau lolos dalam 24 besar," paparnya.

Dari seluruh peserta yang mengikuti Aksi Indonesia 2022, kebanyakan diikuti oleh mereka yang berusia 30 hingga 40 tahun. Sementara, saat ini M Shonifun Hadi berusia 19 tahun. Hal ini tak pelak menjadikannya sebagai peserta termuda dalam ajang tersebut.

Nantinya jika ia lolos 5 besar, akan mengikuti untuk tingkat Asia. Selama ini, M Shoniful Hadi telah menorehkan banyak prestasi. Total selama di Unisma, dirinya telah meraih 19 prestasi tingkat nasional. Di antaranya adalah Musabaqoh Tilawatil Quran di UNJ, di IAIN Cirebon dan lainnya.

Baca Juga : Hati-Hati Pilih Pinjol, Ini Daftar Pinjol Berizin OJK Per 2 Maret 2022

Sementara itu, Rektor Unisma, Prof Dr Maskuri MSi mengapresiasi capaian dari M Shoniful Hadi. Pihaknya sangat mendukung penuh mahasiswa asal Malang itu untuk tampil dalam Aksi Indonesia 2022.

"Kami sangat bangga dan mendukung penuh, mahasiswa Unisma menjadi finalis. Unisma sendiri memiliki banyak UKM. Salah satunya Jam'iyyatul Qurra' Wal Huffadz. Banyak event nasional yang diikuti," jelasnya.

Pihaknya berharap, ke depan M Shoniful Hadi lebih kreatif dan mampu untuk memunculkan hal-hal baru dalam dakwahnya. Hal ini kembali dijelaskan Rektor, merupakan sebuah kebanggaan bagi Unisma. 

"Pembinaan terus kita lakukan. Nantinya tentu akan ada reward uang pembinaan dan SPP.  Harus prestasi dulu, karena kalau sudah prestasi, ibarat emas ditaruh di mana saja tetap emas," pungkasnya.


Topik

Pendidikan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Sri Kurnia Mahiruni