Serunya Aksi Tanam Pohon Kelompok Masyarakat Pawitan di Jalanan Pesisir Selatan Tulungagung | Tulungagung TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Serunya Aksi Tanam Pohon Kelompok Masyarakat Pawitan di Jalanan Pesisir Selatan Tulungagung

Mar 06, 2022 19:22
Kekompakan lintas komunitas dalam kegiatan tanam pohon di Tanggunggunung / Foto : Nur Hasim / Tulungagung Times
Kekompakan lintas komunitas dalam kegiatan tanam pohon di Tanggunggunung / Foto : Nur Hasim / Tulungagung Times

JATIMTIMES - Komunitas pecinta lingkungan Tulungagung Explorer konsisten melakukan penghijauan. Kali ini, kegiatan tanam pohon bertajuk "Lestari Tanggunggunung" diadakan oleh Kelompok Masyarakat Pawitan (Pariwisata Tanggunggunung)-Tulungagung Explorer. Pariwisata Tulungagung Explorer menggandeng Pemdes Pakisrejo, Kecamatan Tanggunggunung untuk menanam pohon di tepian jalan.

"Kali ini berbeda dari biasanya yang selalu tanam pohon dilakukan di lahan Perhutani yang gundul dengan naik turun di pegunungan. Namun ini di lakukan di tepian jalan raya," kata ketua Tulungagung Explorer Nur Hasyim, Minggu (6/3/2022).

Baca Juga : Mahasiswa Sunan Bonang Kampanye Rumah Pangan Lestari

Kegiatan ini menurutnya, tanpa mengurangi makna reboisasi yaitu mencegah risiko  tanah longsor juga untuk merindangkan dan menguatkan jalan-jalan di pegunungan.

"Sehingga menampilkan suasana sejuk dan indah di kawasan pegunungan sebagai pintu masuk arus wisatawan menuju obyek-obyek destinasi wisata pesisir selatan," ujarnya.

Dari pantauan Nur Hasim dan segenap relawan komunitas, hampir seluruh ruas jalan menuju pantai nyaris tanpa pepohonan. Seperti yang terlihat di jalan Desa Ngrejo menuju Pantai Brumbun sepanjang 5 kilometer. Di mana kondisinya memasuki pantai bagai memasuki Bukit Teletabies.

"Kurang lima kilometer jauhnya pantai sudah tampak karena tanpa tertutup pohon sama sekali. Pemandangan ini nyaris terjadi di semua kawasan," ungkapnya.

Ia juga menambahkan, jalan menuju Pantai Sine di Kalidawir, Pantai Pacar dan Molang di Pucanglaban dan Jalur Lintas Selatan (JLS) disebutkan nyaris sama keadaanya.

Baca Juga : Menyongsong Satu Abad NU, Menko Airlangga Sampaikan Peran Penting dan Strategis NU bagi Bangsa Indonesia

"Alasan inilah yang menjadikan kami tergerak melakukan tanam pohon. Tentu kami juga mengetuk pihak terkait yaitu Dinas Pariwisata dan Dinas Lingkungan Hidup untuk lebih ber 'unjuk gigi' dalam memajukan pariwisata Tulungagung," tuturnya.

Dengan mempelopori aksi-aksi giat ini dan lebih aktif mensupport aksi kegiatan nyata aktivis pariwisata dan juga lingkungan hidup yang ikut berperan besar memajukan Pariwisata Tulungagung. Ke depan, kegiatan ini akan dilanjutkan di tiga kecamatan yakni Tanggunggunung, Kalidawir dan Puganglaban.

"Kita harapkan dinas terkait dan pemdes-pemdes yang merupakan pemangku di obyek wisata untuk proaktif menyambut aksi tanam pohon ini demi terciptanya lestari pesisir selatan Tulungagung," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
tulungagung explorer kelompok masyarakat pawitan

Berita Lainnya