Covid-19 Mengganas, Luhut Beri "Kebebasan" Sejumlah Masyarakat untuk Jalan-Jalan | Tulungagung TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Covid-19 Mengganas, Luhut Beri "Kebebasan" Sejumlah Masyarakat untuk Jalan-Jalan

Feb 15, 2022 08:55
Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: IST)
Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: IST)

JATIMTIMES - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memberikan lampu hijau bagi sejumlah golongan masyarakat untuk jalan-jalan di tengah mengganasnya covid-19.  Luhut mengizinkan mereka untuk melakukan mobilitas di fasilitas umum tanpa kekhawatiran di tengah pandemi covid-19.

Luhut menyebut warga yang “bebas” menjalani aktivitas di tempat umum meliputi mereka yang sudah divaksinasi dan tidak punya riwayat penyakit penyerta atau komorbid. 

Baca Juga : Korban Gantung Diri di Kepanjen Diduga ODGJ, 7 Kali Lakukan Percobaan Akhiri Hidup

"Kalau memang dia sudah vaksin, sudah dua kali, sudah booster, tidak ada komorbid, ya jalan-jalan saja. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan berlebihan," kata Luhut melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden (14/2/2022).

Luhut melanjutkan, program vaksinasi covid-19 di Indonesia kini telah menunjukkan hasil yang signifikan. Salah satunya dibuktikan dengan rendahnya warga yang mengalami perburukan gejala saat terinfeksi covid-19 selama gelombang varian Omicron.

Kendati demikian, Luhut mewanti-wanti agar masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan 5M. Yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas.

"Jadi, kita belum ada  pengetatan lagi. Justru pelonggaran-pelonggaran yang kita lakukan, tapi dengan monitoring yang ketat," ujar dia.

Baca Juga : Nggak Punya Urat Malu, ABG ini Bermesraan di Warung dan Disaksikan Banyak Orang

Luhut juga menyebut bahwa covid-19 varian Omicron ini hanya dua kali lebih mematikan dibandingkan dengan flu biasa. Dia mengatakan hal itu berdasarkan data studi dari luar negeri yang mengonfirmasi menurunnya tingkat kematian karena covid-19.

"Pada pertengahan 2020, covid-19 dideteksi 13 kali mematikan dari flu biasa. Namun pada awal 2022 ini, Omicron diprediksi hanya dua kali lebih mematikan dari flu. Jadi, Omicron hanya dua kali lebih parah dari penyakit flu," jelas Luhut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Luhut Binsar Pandjaitan Covid 19

Berita Lainnya