Talud Kritis Penyebab Jalan di Desa Tugu Selalu Jebol, Pemkab Tulungagung Bilang Begini | Tulungagung TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Talud Kritis Penyebab Jalan di Desa Tugu Selalu Jebol, Pemkab Tulungagung Bilang Begini

Feb 14, 2022 18:30
Anang Prasetyanto Kepala Dinas PU Pengairan dan ESDM Kabupaten Tulungagung (Foto: Didik PN/ TulungagungTIMES)
Anang Prasetyanto Kepala Dinas PU Pengairan dan ESDM Kabupaten Tulungagung (Foto: Didik PN/ TulungagungTIMES)

JATIMTIMES - Jalan yang menjadi langganan jebol setiap tahun di Desa Tugu, Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung telah diatasi secara gotong royong. Pemerintah desa bersama warga, pihak kecamatan, BPBD dan juga dinas terkait menjadi bagian yang ikut merespon jalan yang putus agar dapat pulih kembali.

Kepala Dinas PU Pengairan dan ESDM Kabupaten Tulungagung, Anang Prasetyanto megatakan akan segera mengusulkan anggaran untuk pembangunan talud yang dinilainya sangat kritis dan rawan jebol kembali.

Baca Juga : Asuro Malang Gelar Aksi Solidaritas #SaveWadas, Sampaikan 6 Tuntutan

"Kita usulkan untuk pembangunan talud permanen, karena saluran pembuang tersebut taludnya sangat kritis dan rawan jebol," kata Anang saat dikonfirmasi media ini, Senin (14/02/2022). 

Usulan yang dimaksud akan disampaikannya ke Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2023 mendatang.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tulungagung, Robinson Nadaek mengatakan pihaknya tidak mungkin menganggarkan pembangunan jalan yang jebol di Desa Tugu di tahun ini.

"Kalau anggaran tahun ini tidak mungkin, dapat dilakukan jika tahun depan atau secepatnya dalam PAK," kata Robinson.

Meski Pemdes Tugu menyatakan jika jalan yang langganan rusak itu berstatus milik Kabupaten, Dinas PUPR belum dapat memastikan.

"Perlu di cek lagi, apakah benar itu milik PU atau bukan. Petugas kita akan datang ke lokasi untuk melihat dulu," jelasnya.

Baca Juga : Polres Tulungagung Larang Lampu Strobo dan Sirine Dipasang di Mobil Pribadi

Kalau status jalan sudah jelas merupakan aset kabupaten, maka pihak PUPR akan menindaklanjuti untuk melakukan perbaikan dan segera mengusulkan penganggaran agar jalan penghubung antara Desa Tugu ke Dusun Kepuhrejo dan Nggiring Kidul ini segera dibangun dan tidak terus menerus jebol tiap tahun.

Jalan yang kini sudah diperbaiki ini sebelum jebol karena derasnya air hujan yang datang dan melintas di sungai ini. 

Pemdes Tugu berharap pihak terkait memberikan perhatian agar tidak setiap tahun selalu mengalami kerusakan yang berulang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
jembatan tulungagung pembangunan talud

Berita Lainnya