Terkena Puting Beliung, Pelayanan Samsat Tulungagung Tetap Berjalan | Tulungagung TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Terkena Puting Beliung, Pelayanan Samsat Tulungagung Tetap Berjalan

Feb 14, 2022 14:47
Situasi Samsat Tulungagung pasca adanya Puting Beliung / Foto : Dok Samsat / Tulungagung Times
Situasi Samsat Tulungagung pasca adanya Puting Beliung / Foto : Dok Samsat / Tulungagung Times

JATIMTIMES - Kejadian angin puting beliung, Minggu (13/2/2022) kemarin, membuat galvalun kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kabupaten Tulungagung, terbang. Sejumlah bangunan semi permanen di luar kantor induk juga mengalami sejumlah kerusakan. Pohon di dalam area Samsat pun roboh karena angin puting beliung.

Walau dengan kondisi tersebut, pelayanan di Samsat Kabupaten Tulungagung tetap berjalan seperti biasanya. Tidak terkendala dan tidak juga dilaporkan adanya gangguan sistem di pelayanan. Hal ini disampaikan Kanit Regiden Iptu Safiq Jundhira saat dikonfirmasi Jatim Times.

Baca Juga : Survei Manulife Sebut Masyarakat Indonesia Miliki Rencana Investasi Kesehatan dan Keuangan Meski Pandemi Melanda

"Alhamdulillah sama sekali tidak mempengaruhi (pelayanan) karena kerusakan terjadi di foto copy, bukan di tempat pelayanan kami," kata Syafiq, Senin (14/2/2022).

Karena lokasi foto copy berada di dalam area Samsat, Safiq bersama petugas yang ada di Samsat bergotong royong melakukan pembersihan. Namun, karena harus melaksanakan kewajiban melayani masyarakat yang datang ke Samsat, pembersihan dihetikan pada Senin pagi dan akan dilanjutkan pada sore harinya atau setelah jam pelayanan selesai.

"Tadi pagi sudah dilakukan pembersihan. Nanti setelah pelayanan akan dilanjutkan pembersihan ranting pohon," ungkapnya.

Seperti diketahui, hujan yang melanda Kabupaten Tulungagung sejak Minggu hingga Senin (14/2/2022) pagi menyebabkan bencana di beberapa titik. Menurut keterangan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tulungagung selain banjir bandang yang merata di beberapa wilayah, tiga titik lagi berupa tanah longsor dan puting beliung.

"Dua daerah longsor dan puting beliung," kata Nursono Kabid logistik dan kebencanaan BPBD Kabupaten Tulungagung.

Baca Juga : Selain Banjir, Longsor dan Puting Beliung juga Landa Tulungagung

Untuk kejadian puting beliung di Desa Rejoagung, selain area luar kantor Samsat, disebutkan Nursono, hitungan sementara ada 20 rumah warga terdampak. "Semalam kita cek, hitungan sementara ada 20  rumah warga baik genteng atau esbes yang rusak karena putung beliung ini," ungkapnya.

Sedangkan dua longsor terjadi di Desa Sukorejo, Kecamatan Karangrejo dan Desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir. Sedangkan satu lokasi puting beliung terjadi di desa Rejoagung. "Akibat longsor ini material menutup jalan, yang di Kalibatur hari ini akan digunakan alat berat membuka material longsor," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Angin Puting Beliung samsat kabupaten tulungagung

Berita Lainnya