10/12/2022 Polemik Desa Wadas Belum Ada Solusi, Ganjar Berencana Menginap untuk Dengar Suara Warga | Tulungagung TIMES

Polemik Desa Wadas Belum Ada Solusi, Ganjar Berencana Menginap untuk Dengar Suara Warga

Feb 14, 2022 08:41
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto: IST)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto: IST)

Pewarta: Desi Kris | Editor: Yunan Helmy

JATIMTIMES - Polemik yang terjadi soal lahan tambang batu andesit di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, hingga kini masih belum menemukan solusi. Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menyebut diskusi bersama warga Desa Wadas masih belum memuaskan. 

Ganjar lantas berencana kembali lagi untuk berdialog sekaligus menginap di Desa Wadas. Rencana itu disampaikan Ganjar melalui akun Twitter pribadi, @ganjarpranowo, Minggu (13/2/2022) malam. 

Baca Juga : Bakal Jadi Sentra Wisata, Pembangunan Jembatan Penghubung Dua Desa di Karangploso Tunggu Realisasi

Sebelumnya, Ganjar telah menyambangi Desa Wadas untuk berdialog dengan warga. "Saya yakin rembugan hari ini belum memuaskan bapak ibu warga Desa Wadas. Begitupun saya, masih ingin mendengar lebih banyak lagi. Maka tadi saya minta izin jika dalam waktu dekat akan kembali lagi ke Wadas untuk menginap. Alhamdulillah diizinkan," tulis Ganjar.

Dia juga menyertakan video saat  berbincang dengan warga Desa Wadas. Dalam video singkat itu, Ganjar kembali meminta maaf atas insiden di desa tersebut pada Selasa (8/2/2022) lalu.

"Saya waktu kemarin itu mau minta maaf atas kejadian kemarin. Yang bertanggung jawab biar gubernurnya aja," ujar Ganjar. 

Dia mengaku kedatangannya kali ini untuk mendengar langsung suara warga Wadas. Ganjar pun berencana menginap di Desa Wadas untuk melanjutkan dialog yang belum tuntas itu. 

"Biar Pak Ganjar tahu, 'bisa ngombe banyune Wadas' (bisa minum airnya Desa Wadas), bisa merasakan, nanti saya tidur di desa ini. Boleh tidak, Bu?" kata Ganjar.

"Iya," kata warga Wadas yang hadir. 

Baca Juga : Diduga Sopir Mengantuk, Kecelakaan di Pakisaji Tewaskan Dua Pengendara Motor

"Jadi saya bisa minum airnya, bisa napas dengan udaranya di sini, dengan panjenengan bisa tahu. Ya semoga dengan begitu jadi beres. Biar njenengan tidak berjalan sendiri," lanjut Ganjar. 

Ganjar pun meminta warga Wadas untuk terus menjaga kerukunan. Menurut dia, masyarakat tidak perlu sampai bertengkar meskipun belum satu suara terkait rencana tambang batu andesit untuk Bendungan Bener.

Di video itu, Ganjar juga terlihat mendapat buah tangan dari warga, seperti durian hingga pete. "Sekedar kenang-kenangan. Ini sebagian kecil Pak dari hasil bumi desa kami," kata seorang warga kepada Ganjar.

Sebelumnya, Ganjar bertemu dengan sejumlah warga Desa Wadas pada Minggu siang. Dia berharap dialog bersama warga ini bisa melahirkan solusi.

Judul berita Polemik Desa Wadas Belum Ada Solusi, Ganjar Berencana Menginap untuk Dengar Suara Warga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
kasus wadas Gubernur Jateng Ganjar Pranowo

Berita Lainnya