Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kuliner

Gatot Jadi Makanan Jadul Favorit di Tulungagung, Begini Cara Membuatnya

Penulis : Anang Basso - Editor : Dede Nana

23 - Jan - 2022, 19:34

Gatot / Istimewa
Gatot / Istimewa

JATIMTIMES - Makanan jadul yang masih banyak dijumpai di Tulungagung adalah Gatot. Makanan tradisional yang aslinya dari gunung kidul, Yogjakarta ini biasanya dimakan dengan sayuran atau parutan sebagai pengganti nasi. 

"Masih banyak penggemarnya. Bahkan saya sering kehabisan meski telah membuat banyak," kata Murti (50) pembuat makanan Gatot asal Kalidawir ini. 

Baca Juga : Lezatnya Ikan Bakar Kuliner Pondok Pelangi Banyuwangi di Pinggir {Pantai Boom

Menurutnya, proses pembuatan gatot memakan waktu yang lumayan lama. Diawali dengan fermentasi ketela pohon dengan cara dijemur sampai muncul jamur. "Jika sudah jadi gaplek, kemudian direndam selama dua malam sampai ketela tersebut kenyal. Setelah itu ditiriskan, dicuci, dan diambil kulit arinya," ujarnya. 

Tidak cukup di situ, bahan setengah jadi ini kemudian dipotong-potong kecil dan direndam selama satu malam lagi. "Baru setelah direndam ini, kemudian dikukus selama dua jam dan ditambahkan gula merah, garam, dan kelapa agar rasanya manis dan lebih gurih," ungkapnya. 

Setelah selesai proses dan siap dihidangkan, gatot akan lebih enak ditaburi dengan kelapa yang telah diparut. "Selain rasanya khas, makanan ini kata orang-orang menghindari asam lambung. Makanya masih banyak dicari," jelasnya.

Baca Juga : Tembok Perumahan Green Village Tutup Akes Jalan, Warga: Tidak Ada Sosialisasi

Selain diantar dalam bentuk bungkusan mika dan plastik dan diantar di beberapa warung langganan, ia juga menjual secara online melalui akun milik anaknya. 


Topik

Kuliner


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anang Basso

Editor

Dede Nana