Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Bhabinkamtibmas di Tulungagung Ini Berhasil Damaikan Warga yang Berseteru

Penulis : Muhamad Muhsin Sururi - Editor : Yunan Helmy

21 - Jan - 2022, 15:39

Mediasi warga Desa Mojosari, Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung, yang sedang berkonflik. (Foto: Humas Polres for TulungagungTIMES)
Mediasi warga Desa Mojosari, Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung, yang sedang berkonflik. (Foto: Humas Polres for TulungagungTIMES)

JATIMTIMES - Langkah hebat dilakukan bhabinkamtibmas Desa Mojosari, Polsek Kalangbret, Polres Tulungagung, Aipda Sugeng Priyanto. Sugeng telah melakukan problem solving (penyelesaian masalah) warga binaannya yang terjadi di salah satu warung makan.

Problem solving yang dimaksud yakni mengajak kepala desa, babinsa, perangkat fesa, kasi trantib Kecamatan Kauman, saksi-saksi, serta memanggil kedua belah pihak yang berselisih untuk duduk bersama menyelesaikan masalah di Balai Desa Mojosari, Kamis (20/1/2022) kemarin.

Baca Juga : Ditinggal ke Masjid, HP Raib Digondol Maling

Dalam forum penyelesaian masalah itu, Sugeng memberikan nasihat dan imbauan kamtibmas tentang pentingnya hidup rukun dan damai serta toleransi tanpa adanya permusuhan antarmasyarakat. Dia juga mengajak kedua belah pihak untuk menjaga keamanan dan ketertiban.

Dan hasil mediasi yang dilakukan, kedua belah pihak sepakat damai dan masalahnya diselesaikan secara kekeluargaan. Selanjutnya mereka membuat surat pernyataan yang ditandatangani oleh kedua belah pihak. Kedua pihak juga saling meminta maaf kejadian yang sudah terjadi.

Kapolsek Kalangbret AKP Puji Hartanto membenarkan adanya penyelesaian masalah warga binaan melalui problem solving yang dilakukan bhabinkamtibmas Desa Mojosari.

Baca Juga : Banjir 2 Meter Rendam Ratusan Rumah di Jombang

Menurut kapolsek, kasus yang dilakukan secara mediasi dengan cara problem solving oleh anggotanya itu adalah khusus kasus ringan. "Problem solving ini juga bertujuan agar permasalahan warga tidak meluas sehingga dapat menimbulkan konflik sosial," kata kapolsek, Jumat (21/1/2022).


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Muhamad Muhsin Sururi

Editor

Yunan Helmy