Sumur Resapan di Desa Tenggong Ini Jadi Solusi Atasi Banjir Langganan Tiap Tahun | Tulungagung TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Sumur Resapan di Desa Tenggong Ini Jadi Solusi Atasi Banjir Langganan Tiap Tahun

Jan 19, 2022 19:37
Saji, Kadesa Tenggong Menunjukkan sumur Resapan yang atasi banjir di jalan masjid (Foto: Anang Basso/ TulungagungTIMES)
Saji, Kadesa Tenggong Menunjukkan sumur Resapan yang atasi banjir di jalan masjid (Foto: Anang Basso/ TulungagungTIMES)

JATIMTIMES - Setelah dari masa ke masa, jalan menuju arah masjid di Desa Tenggong, Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung jika musim hujan langganan banjir, untuk tahun ini bebas dari genangan. Hal ini disampaikan Suyatun (50) ketua RW2 RT 1, Dusun Krajan, Desa Tenggong, Rabu (19/01/2022).

"Dari jaman dulu, beberapa kali ganti kepala desa belum pernah ada yang mempunyai solusi dan Alhamdulillah sekarang sudah tidak tergenang air," kata Suyatun.

Baca Juga : Cegah Genangan dan Banjir, DPUPR Kota Blitar Perbaiki Dua Saluran Air

Solusi yang dimaksud Suyatun adalah pembangunan sumur resapan di pinggir bau jalan dengan bantuan parit penghubung.

"Ada 10 sampai sumur resapan, dengan kedalaman antara 4 hingga 5 meter. Dibuat dari gorong-gorong sumur," ujarnya.

Dengan pembangunan resapan ini, Desa Tenggong yang jika musim hujan dapat kiriman air dari lereng Gunung Banon dan Cemenung langsung segera kering dan tidak terjadi banjir.

"Warga di lingkungan sini senang sekali, jika air datang tak lama kemudian sudah surut dan jalan tidak sampai tergenang," ungkapnya.

Saat dikonfirmasi, Saji, Kepala Desa Tenggong mengatakan sumur resapan itu dibuat di jalan yang dahulu selalu menjadi langganan banjir.

"Kita terus mencari solusi agar masyarakat tidak terkendala jika melewati jalan itu saat musim hujan," ucapnya.

Baca Juga : Lahar Dingin Semeru Masih Sering Terjadi, BPBD Minta Warga Waspada

Dengan anggaran Dana Desa tahun 2021, pemerintah desa memutuskan untuk membuat resapan di pinggir jalan dengan dihubungkan selokan di sepanjang jalan 150 meter itu.

"Jadi dengan resapan itu, air bisa langsung masuk ke tanah dan warga tidak lagi resah akibat banjir yang selalu menjadi langganan dari waktu ke waktu," jelasnya.

Selama menjabat kepala desa, pria yang berprofesi sebagai pengusaha bengkel las itu akan terus berupaya memajukan warganya dengan membangun sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Sumur Resapan atasi banjir

Berita Lainnya