Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

Doa Memohon Pertolongan Allah SWT dari Semua Permasalahan

Penulis : Desi Kris - Editor : Yunan Helmy

18 - Jan - 2022, 08:50

Ilustrasi (Foto: Unsplash)
Ilustrasi (Foto: Unsplash)

JATIMTIMES - Setiap hari kita akan dihadapkan dengan beragam permasalahan. Mulai dari ringan hingga yang terberat. 

Masalah yang ada tentu tidak bisa dihindari dan harus kita selesaikan dengan sebaik-baiknya. Kita memang memiliki kemampuan untuk menghadapi berbagai permasalahan. 

Baca Juga : Mahasiswa Unisma Jadi 1 dari 4 Delegasi Indonesia Pada InFormal Evolution di Czech Republik

Namun, kemampuan itu sifatnya terbatas. Oleh sebab itu, kita dianjurkan untuk memohon kepada Allah SWT agar senantiasa melindungi kita dari permasalahan tersebut. 

Allah SWT tidak memiliki batasan dalam menolong hamba-Nya. Setiap kali berhadapan dengan masalah, maka sangat dianjurkan untuk membaca doa sebagai berikut: 

Doa memohon pertolongan Allah

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ اْليَوْمَ فَأَعِذْنِيْ وَأَسْتَجِيْرُ بِكَ اْليَوْمَ مِنْ جَهْدِ اْلبَلاَءِ فَأَجِرْنِيْ وَأَسْتَغِيْثُ بِكَ اْليَوْمَ فَأَغِثْنِيْ وَأَسْتَصْرِخُكَ اْليَوْمَ عَلَى عَدُوِّكَ وَعَدُوِّىْ فَأصْرِخْنِيْ وَأَسْتَنْصِرُكَ اْليَوْمَ فَانْصُرْنِيْ وَأَسْتَعِيْنُ بِكَ اْليَوْمَ عَلَى اَمْرِيْ فَأَعِنِّيْ وَأَتَوَكَّلُ عَلَيْكَ فَاكْفِنِيْ وَاَعْتَصِمُ بِكَ فَاعْصِمْنِيْ وَاَمَّنُ بِكَ فَاَمِّنِّىْ وَأَسْئَلُكَ فَاعْطِنِيْ وَأَسْتَرْزِقُكَ فَارْزُقْنِيْ وَأَسْتَغْفِرُكَ فَاغْفِرْ لِيْ وَأَدْعُوْكَ فَاذْكُرْنِيْ وَأَسْتَرْحِمُكَ فَارْحَمْنِيْ

"Allahumma inni a'udzu bikal yawma fa a'idzni wa astajiru bikal yawma min jahdil balai fa ajirni wa astaghitsu bikal yawma fa aghitsni wa astashrikhukal yawma 'ala 'aduwwika wa 'aduwwi fashrikhni wa astanshirukal yawma fanshurni wa asta'inu bikal yawma 'ala amri fa a'inni wa atawakkalu 'alaika fakfini wa a'tashimu bika fa'shimni wa ammanu bika fa amminni wa as aluka fa'thini wa astarziquka farzuqni wa astaghfiruka faghfirli wa ad'uka fadzkurni wa astarhimuka farhamni."

Artinya: "Ya Allah, hari ini aku berlindung kepada-Mu, lindungilah aku. Aku memohon keselamatan kepada-Mu dari kerasnya cobaan, maka selamatkanlah aku. Aku memohon pertolongan kepada-Mu, maka tolonglah aku. Aku meminta bantuan dalam menghadapi musuh-Mu, maka bantulah aku. Aku memohon pertolongan dalam menyelesaikan urusanku, maka tolonglah aku. Aku bertawakkal kepada-Mu, maka cukupilah aku. Aku memohon perlindungan kepada-Mu, maka lindungilah aku. Aku memohon keamanan kepada-Mu, maka amankanlah aku. Aku meminta kepada-Mu, maka berilah aku. Aku memohon rizeki kepada-Mu, maka anugerahilah aku rizeki. Aku memohon ampun kepada-Mu, maka ampunilah aku. Aku berdoa kepada-Mu, maka ingatlah aku. Aku memohon belas kasih-Mu, maka kasihanilah aku."

Doa mohon perlindungan dari segala tipu daya

Setiap manusia juga memiliki sisi baik dan buruk sekaligus. Tinggal sisi mana yang lebih menonjol.

Sseorang pun dituntut untuk mengendalikan sisi buruknya agar dapat dipercaya. Saat berinteraksi dengan sesama, tentu kita akan berhadapan dengan beragam watak.

Baca Juga : Pimpinan DPRD Lumajang Bergabung dengan Pendemo Tuntut Kasus Penendangan Sesajen di Gunung Semeru

Kita pun tidak tahu secara langsung seperti apa watak asli seseorang. Ada yang kita kenal baik, ternyata menyimpan kedengkian.  Bahkan tega melakukan tipu daya kepada kita. 

Kendati demikian, agar kita tercegah dari hal buruk itu, dianjurkan membaca doa sebagai berikut: 

Doa berlindung dari tipu daya

بِسْمِ اللهِ كَلِمَةِ الْمُعْتَصِمِيْنَ وَ مَقَالَةِ الْمُتَحَرِّزِيْنَ, وَ أَعُوذُ بِاللهِ تَعَالَى مِنْ جَوْرِ الْجَائِرِيْنَ, وَ كَيْدِ الْحَاسِدِيْنَ, وَ بَغْيِ الظَّالِمِيْنَ, وَ أَحْمَدُهُ فَوْقَ حَمْدِ الْحَامِدِيْنَ اللَّهُمَّ أَنْتَ الْوَاحِدُ بِلاَ شَرِيْكٍ, وَ الْمَلِكُ بِلاَ تَمْلِيْكٍ, لاَ تُضَادُّ فِي حُكْمِكَ, وَ لاَ تُنَازَعُ فِي مُلْكِ أَسْأَلُكَ أَنْ تُصَلِّيَ عَلَى مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَ رَسُولِكَ, وَ أَنْ تُوْزِعَنِي مِنْ شُكْرِ نُعْمَاكَ مَا تَبْلُغُ بِي غَايَةَ رِضَاكَ, وَ أَنْ تُعِيْنَنِي عَلَى طَاعَتِكَ وَ لُزُوْمِ ‏عِبَادَتِكَ, وَ اسْتِحْقَاقِ مَثُوْبَتِكَ بِلُطْفِ عِنَايَتِكَ, وَ تَرْحَمَنِي بِصَدِّي مَعَاصِيْكَ مَا أَحْيَيْتَنِي, وَ تُوَفِّقَنِي لِمَا يَنْفَعُنِي مَا أَبْقَيْتَنِي, وَ أَنْ تَشْرَحَ ‏بِكِتَابِكَ صَدْرِي, وَ تَحُطَّ بِتِلاَوَتِهِ وِزْرِي, وَ تَمْنَحَنِيَ السَّلاَمَةَ فِي دِيْنِي وَ نَفْسِي, وَ لاَ تُوْحِشَ لِي أَهْلَ أُنْسِي وَ تُتِمَّ إِحْسَانَكَ فِيْمَا بَقِيَ مِنْ ‏عُمْرِي كَمَا أَحْسَنْتَ فِيْمَا مَضَى مِنْهُ, يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

"Bismillahi kalimatil mu‘tashimina wa maqolatil mutaharrizin wa a‘uzu billahi ta'ala min jauril ja-irina wa kaidil hasidana wa baghyidz dzalimina wa ahmaduhu fauqo hamdil hamidina. Allahumma antal wahidu bila syarikin wal maliku bila tamlikin la tudhoddu fi hukmika wa la tunaza‘u fi ‎mulkika. As-aluka an tushalliya ‘ala muhammadin ‘abdika wa rasulika wa an tuzi‘ani min syukri nu‘maka ma ‎tablughu bi ghayata ridhaka wa an tu‘inani ‘ala tho‘atika wa luzumi ‘ibadatika wastihqoqi matsubatika ‎biluthfi ‘inayatika wa tarhamani bishaddi ma‘ashika abadan ma ahyaitani wa tuwaffiqoni lima yanfa‘uni ‎ma abqaitani wa an tasyraha bikitabika shodri wa tahuththa bitilawatihi wizri wa tamnahaniyas ‎salamata fi dini wa nafsi wala tuhisya li ahla unsi wa tutimma ihsanaka fima baqiya min ‘umri kama ‎ahsanta fima madha minhu ya arhamarrahimin."

Artinya: "Dengan nama Allah, kalimat orang-orang yang bepegang, dan ucapan mereka yang berlindung, dan aku berlindung kepada Allah Yang Maha Tinggi dari kejahatan mereka yang jahat, tipu-daya mereka yang dengki, dan kezaliman mereka yang zalim, dan aku memuji-Nya di atas mereka yang menyampaikan pujian. Ya Allah, Engkau yang satu tanpa sekutu, raja tanpa ada yang berkuasa atas-Nya, tidak bisa ditentang hukum-Mu dan tidak bisa diruntuhkan kerajaan-Mu. Aku memohon kepada-Mu untuk Engkau curahkan salawat kepada Muhammad hamba dan rasul-Mu, Engkau ilhamkan kepadaku untuk mensyukuri karunia-Mu yang dengannya Engkau menyampaikanku kepada keridhaan-Mu, Engkau tolong aku untuk dapat mematuhi-Mu dan konsisten dalam pengabdian kepada-Mu sehingga berhak mendapatkan balasan-Mu dengan kelembutan pertolongan-Mu, Engkau sayangi aku dengan memalingkanku dari segala maksiat kepada-Mu selama Engkau hidupkan aku, Engkau mudahkan aku terhadap segala perkara yang berguna buatku selama Engkau kekalkan aku, Engkau lapangkan dadaku dengan kitab-Mu, Engkau gugurkan dosaku dengan pembacaannya, Engkau beri aku keselamatan di dalam ajaranku dan diriku. Engkau tidak jauhkan orang yang perhatian kepadaku dan Engkau sempurnakan kebaikan-Mu pada sisa usiaku sebagaimana Engkau telah berbuat baik pada usiaku yang telah berlalu, wahai Yang Maha Pengasih dari semua yang mengasihi."


Topik

Agama


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Yunan Helmy