Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba Serbi

Muslim Ini Crazy Rich Zaman Dulu, Disebut Orang Terkaya Sepanjang Sejarah

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Yunan Helmy

17 - Jan - 2022, 15:17

Mansa Musa, manusia yang bergelimang harta dan kekayaan. (Foto: Istimewa)
Mansa Musa, manusia yang bergelimang harta dan kekayaan. (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Saat ini banyak crazy rich maupun konglomerat  yang dikenal oleh publik. Kehidupan mentereng mereka juga kerap menghiasi pemberitaan.

Namun, dalam catatan sejarah, terdapat manusia paling kaya di dunia. Yakni Mansa Musa (Musa I) yang merupakan seorang raja dari Mali, Afrika.

Baca Juga : Deretan Benda Kuno Ini Dianggap Peninggalan Iblis

Mansa Musa (Musa I) merupakan penguasa Kerajaan Mali dari tahun 1312 M hingga 1337 M. Henry Garnett dalam artikel berjudul The Story Of Mansa Musa: The Richest Mam In Human History yang tayang padang  4 Januari 2022 menuliskan bahwa para sejarawan tampaknya telah bergulat dengan tingkat kekayaan yang dimiliki Mansa Musa kala itu.

"Catatan kontemporer tentang kekayaan Musa begitu luar biasa, hingga hampir tidak mungkin untuk merasakan betapa kaya dan kuatnya dia sebenarnya," ujar Rudolph Butch Ware, seorang profesor sejarah di University of California dalam tulisan Garnett.

Mansa Musa mewarisi kerajaan yang sudah kaya-raya. Pada titik ini, sebagian besar kerajaan di Eropa sedang berjuang secara finansial karena penurunan produksi emas dan perak.

Sebagian besar kekayaan Mansa Musa berasal dari penambangan garam, deposit emas, serta gading gajah yang signifikan di Kerajaan Mali.

Upaya Mansa Musa dalam memperluas perdagangan membuat Mali menjadi kerajaan terkaya di Afrika saat itu. Ia juga seorang pemimpin militer yang sukses dan mampu merebut 24 kota. Di antaranya Kota Timbuktu. 

Musa juga membangun kembali kekuasaan atas Gao. Musa menguasai Mauritania, Senegal, Gambia, Guinea, Burkina Faso, Mali, Niger, Nigeria, dan Chad modern.

Bahkan, untuk memenuhi salah satu dari lima rukun Islam, Mansa Musa melakukan ziarah (haji) sejauh 4.000 mil (6.400 kilometer) ke Makkah. Mau tahu jumlah kafilahnya? Kafilah haji Mansa Musa mencapai  60.000 orang

Dalam perjalanannya, Musa didampingi 1.000 pengiring, 100 unta yang masing-masing memuat 136 kilogram emas, pemusik pribadinya,  dan 500 budak yang membawa tongkat emas. Perjalanan berhaji ini sekaligus enyebarkan berita kekayaannya ke seluruh daratan Mediterania.

"Atlas Catalan, dibuat pada 1375 M oleh kartografer Spanyol, menggambarkan Mansa Musa duduk di atas tahta, memegang bongkahan emas di satu tangan dan tongkat emas di tangan lainnya," terang Garnett. 
 
Berkat catatan-catatan sejarah itulah, Mansa Musa selamanya dikenal dalam imajinasi global dan memori kolektif para sejarawan dunia, memperkenalkannya sebagai sosok terkaya yang pernah berjalan di muka bumi.

Baca Juga : City Tour Soekarno Sukses Digelar di Kota Mojokerto, Harapannya Jadi Ikon Jatim

Dilansir dari berbagai sumber, selain kaya raya, Mansa Musa  juga seorang yang beriman, berpendidikan, dan filantropi. Mansa Musa dikenal sering memberikan hadiah kepada pejabat tinggi yang ditemuinya, termasuk sultan Mesir.

Saat singgah di Kairo, Mansa Musa memberikan begitu banyak emas kepada orang miskin sehingga menyebabkan inflasi masal di Mesir selama 12 tahun ke depan. Perjalanan itu juga memicu serangan angkatan laut Portugis di Mali yang dimulai pada abad ke-15. 

Setelah kembali dari Makkah, Mansa Musa mulai merevitalisasi kota-kota di kerajaannya. Dia membangun masjid dan bangunan umum besar seperti Masjid Djinguereber yang legendaris di Timbuktu, yang masih berdiri hingga kini.

Sebagai informasi, The Week dalam laman resminya menyebut pada saat kematian Mansa Musa, tanah miliknya diperkirakan bernilai $ 340 miliar dalam bentuk uang modern. Jumlah itu berkisar hampir dua persen dari total output ekonomi Amerika Serikat. 

Dalam artikel yang dipublikasikan pada 1 Desember 2021, berjudul Who is the richest person of all time?, The Week menyebut Mansa Musa I of Mali, Nicholas II of Russia and John D. Rockefeller are among the richest ever.

Meski belum dapat diketahui secara detail berapa jumlah kekayaannya saat Mansa Musa masih hidup, para sejarawan meyakini bahwa dialah orang yang paling kaya sepanjang sejarah.


Topik

Serba Serbi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Yunan Helmy