Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Efektif Obati Berbagai Masalah Penyakit, Ini Sejuta Manfaat Konsumsi Rebusan Daun Salam

Penulis : Arifina Cahyati Firdausi - Editor : Pipit Anggraeni

17 - Jan - 2022, 10:07

Daun salam. (Foto: Pexels.com).
Daun salam. (Foto: Pexels.com).

JATIMTIMES - Daun salam tak asing di dunia memasak. Biasanya, pemanfaatannya digunakan sebagai penyedap makanan agar makin terasa nikmat.

Namun, rupanya daun salam ini bagian dari tanaman herbal yang memiliki aroma khas. Selain untuk penyedap makanan, banyak manfaat yang bisa didapatkan bagi kesehatan dengan mengonsumsi daun ini.

Baca Juga : Jejak Pelereman Nyi Roro Kidul di Pantai Selatan Tulungagung, Bersanding Retjo Sewu

Ya, rebusan daun salam dipercaya sebagian besar orang baik untuk menghindari hingga menyembuhkan berbagai penyakit. Apa saja manfaatnya untuk kesehatan?

1. Menambah Imunitas

Dilansir dari Well and Good, ahli diet dan koki bernama Jessica Swift, mengatakan di dalam daun salam memiliki kandungan vitamin C dan vitamin A. Kandungan inilah yang berguna bagi sistem kekebalan tubuh. Ketika sistem kekebalan tubuh membutuhkan dorongan, vitamin C yang akan bekerja untuk memaksimalkannya.

Apalagi di musim pandemi Covid-19 saat ini, masyarakat juga tengah dianjurkan untuk selalu menjaga daya tahan tubuh. Hal ini bisa menjadi pilihan minuman herbal untuk sehari-hari.

2. Menurunkan Risiko Diabetes

Penyakit diabetes cukup sering terdengar, bahkan penderitanya pun terbilang cukup banyak di tanah air. Penyebabnya, karena tingginya kadar gula dalam tubuh.

Penyakit ini pula merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sulit untuk disembuhkan. Namun, dengan mengonsumsi rebusan daun salam dapat membantu untuk mengurangi kadar gula dalam darah. Setidaknya, bisa menghindari risiko diabetes di dalam tubuh.

Manfaat daun salam bagi penyakit ini karena di dalamnya memiliki kandungan flavonoid yang mampu menurunkan kadar gula dengan cepat. Cara mengonsumsinya, cukup rebus daun salam, tambahkan bahan alami lainnya, seperti kumis kucing.

3. Mengatasi Asam Urat

Penyakit asam urat kiranya juga dapat menimpa siapa saja. Bahkan, tak lagi berdasar usia, para pemuda pun bisa mengalami penyakit yang menyerang persendian ini.

Penderita penyakit ini, biasanya akan sering merasakan nyeri sehingga dapat membuat aktivitas terganggu. Tanaman herbal daun salam yang memiliki kandungan miristin, mirisetin, dan kuersetin dianggap mampu menurunkan kadar asam urat.

4. Menyembuhkan Peradangan Lambung

Baca Juga : Ada di Oposisi, Rizal Ramli Dianggap Memantik Diskursus Pilpres Lebih Menarik dan Terbuka

Bagi kalian yang suka mengalami nyeri lambung, kiranya bisa mengonsumsi daun salam. Penyakit ini biasanya akan merasakan nyeri di lambung, hingga tak bisa menikmati makanan atau minuman apapun.

Cara mengonsumsinya, yakni dengan merebus daun salam dan daun sambiloto. Setelahnya, ramuan herbal tersebut diminum sebagaimana biasa.

5. Menyembuhkan Sakit Gigi

Penyakit ini cukup sering dialami hampir semua orang. Penderitanya, akan sangat terganggu segala aktivitasnya.

Nah, rupanya kandungan flavonoid yang memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba di dalam daun salam, serta kandungan minyak atsiri yang bersifat analgesik dapat mengobati sakit gigi secara perlahan.

Dari beberapa penyakit ini, cara mengonsumsi yang simple bisa diterapkan lho. Yaitu, hanya perlu merebus air secukupnya yang dicampurkan dengan 5-10 lembar daun salam dan direbus sampai mendidih. Konsumsi secara rutin akan menghindarkan diri dari berbagai penyakit.


Topik

Kesehatan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Arifina Cahyati Firdausi

Editor

Pipit Anggraeni