Resmi Dilantik, Bupati Berharap Hipmi Tulungagung Bisa Mengurangi Kemiskinan | Tulungagung TIMES

Resmi Dilantik, Bupati Berharap Hipmi Tulungagung Bisa Mengurangi Kemiskinan

Jan 14, 2022 17:34
Foto bersama pengurus Hipmi dan Forkopimda Tulungagung di Pendapa. Jum'at, 14/1/2022. (Foto: Muhsin/ TulungagungTIMES)
Foto bersama pengurus Hipmi dan Forkopimda Tulungagung di Pendapa. Jum'at, 14/1/2022. (Foto: Muhsin/ TulungagungTIMES)

JATIMTIMES - Kepengurusan Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC Hipmi) Tulungagung periode 2021-2024 selesai dikukuhkan atau dilantik. Kepengurusan Hipmi Tulungagung itu dilantik oleh Ketua Umum Hipmi BPD Jawa Timur Rois Sunandar Maming dan disaksikan oleh Forkopimda Tulungagung di Pendapa Kongas Arum Kusumaningbangsa, Jum'at (14/1/2022).

Bupati Tulungagung Maryoto Birowo mengatakan, dilantiknya pengurus Hipmi Tulungagung periode 2021-2024 merupakan angin baru dan kabar baik, karena penggerak utama roda ekonomi itu adalah pemuda. Apalagi, saat ini adalah era digitalisasi dan pengusaha lama yang tidak mengikuti perkembangan jaman jelas akan tertinggal. 

Baca Juga : Bau Sampah TPA Tlekung Dikeluhkan Warga, Begini Tanggapan Wakil Ketua II DPRD Kota Batu

Karena era digitalisasi, Hipmi Tulungagung diharapkan dapat mengambil peran dengan baik, karena 2 tahun lebih Indonesia khususnya Tulungagung sedang dilanda Pandemi covid-19 sehingga mengalami 2 krisis sekaligus yaitu krisis kesehatan dan krisis ekonomi.

"Krisis kesehatan sudah bisa ditekan sangat rendah, kemudian sekarang kita buka kran ekonomi, kesehatan direm dan ekonomi digas," kata Bupati Maryoto usai acara pelantikan, Jum'at (14/1/2022).

Maryoto menjelaskan, pengusaha yang tergabung di Hipmi mempunyai kontribusi yang lumayan banyak, mereka mempunyai produk kemudian produknya dijual. Pada proses produksi itu memberikan kesempatan  atau peluang kerja bagi masyarakat. 

Dalam artian pada proses itu masyarakat bisa mendapatkan penghasilan atau praktisnya, proses itu memberikan satu kehidupan dalam memenuhi keperluan sehari-hari. 

"Para pengusaha memberikan kesempatan kerja, dan masyarakat bekerja untuk mendapatkan upah," jelasnya.

Terkait dengan angka pengangguran yang meningkat, Maryoto berharap Hipmi di bidang apapun bisa menjalin akses agar bisa membuka peluang kerja dan bisa menyerap tenaga kerja.

"Ini tugas Hipmi. Yang penting bisa menyerap tenaga kerja, mengurangi pengangguran. Dengan mengurangi pengangguran otomatis mengurangi pertumbuhan kemiskinan," tambahnya.

Baca Juga : Dipelantikan PAW Anggota DPRD, Wali Kota Kediri Ajak Berkolaborasi Emban Amanah Rakyat

Dalam menekan angka kemiskinan, Maryoto tidak bisa memasang target yang harus dilakukan Hipmi, namun yang lebih penting adalah upaya keras dari semua pihak agar pengangguran di Tulungagung bisa ditekan.

Di tempat yang sama, Ketua Umum Hipmi BPC Tulungagung Aminuddin mengatakan, setelah dilantik dirinya tidak hanya berdiam diri, karena tanggungjawab besar sudah menyambut di depannya.

Sebagai organisasi yang menaungi para pengusaha, dirinya akan terus melakukan akselerasi dengan Pemkab untuk meningkatkan jumlah atau kuantitas pengusaha baru di Kabupaten Tulungagung sehingga Tulungagung bisa segera bangkit dari keterpurukan yang menurut data BPS kemiskinan dan pengangguran telah meningkat.

"Harapan kita bisa bersinergi dengan Pemkab untuk bagaimana kita diajak bekerja sama demi menanggulangi masalah ekonomi di Tulungagung," kata Aminuddin

Topik
pemilihan ekonomi Hipmi Tulungagung

Berita Lainnya