Kaya Nutrisi dan Mineral, Buah Naga Merah Punya Banyak Manfaat bagi Kesehatan | Tulungagung TIMES

Kaya Nutrisi dan Mineral, Buah Naga Merah Punya Banyak Manfaat bagi Kesehatan

Jan 10, 2022 09:23
Buah naga merah (Foto: tuliu.com)
Buah naga merah (Foto: tuliu.com)

JATIMTIMES - Buah naga menjadi salah satu buah favorit bagi sebagian orang. Memiliki rasa manis dan bentuk unik menyerupai sisik naga membuat buah ini menarik untuk dikonsumsi.

Buah naga ini umumnya tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Buah naga sendiri memiliki beberapa varietas atau jenis seperti buah naga merah, buah naga putih, dan buah naga kuning.

Baca Juga : Ikabu Karesidenan Madiun Ajak Santri Berperan dalam Penguatan Ekonomi Masyarakat

Dilansir melalui kanal YouTube Dokter Fery TV, dr Fery Juliawan MTh menjelaskan bahwa buah naga merah atau yang punya nama ilmiah Hylocereus Polyrhizus mengandung berbagai nutrisi. Antara lain vitamin C, vitamin E, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, zinc, zat besi, dan zat antioksidan. 

Berdasarkan kandungan nutrisi dan mineral pada buah naga merah, tak heran buah ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Mengonsumsi buah naga merah bisa membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh karena buah naga memiliki kandungan vitamin C dan zat antioksidan. 

Terlebih dalam kondisi pandemi covid-19 saat ini, buah naga dapat membantu untuk menjaga imunitas tubuh. Selain itu harus didukung dengan pola makan dan gaya hidup yang sehat.

Manfaat lain dari buah naga merah  adalah dapat mengontrol kadar gula darah. Tingginya kadar gula darah dalam tubuh jika tidak segera diatasi bisa menimbulkan penyakit serius, bahkan kerusakan organ dan saraf.

Kandungan zat antioksidan dalam buah naga mempunyai peranan untuk meregenerasi pankreas. Sel itu akan memproduksi hormon insulin. Hormon insulin sendiri berfungsi untuk mengubah glukosa menjadi glikogen. Sehingga kadar glukosa dalam darah bisa turun atau normal. 

Baca Juga : Bukan Omicron, Pasien Meninggal di Kabupaten Malang Terkena Varian Delta

Manfaat selanjutnya dari buah naga yaitu untuk menjaga kesehatan jantung.  Seperti  diketahui, jantung adalah organ vital yang berfungsi memompa darah yang mengandung oksigen dan nutrisi ke semua sel, jaringan dan organ tubuh.

Dengan adanya kandungan lemak tak jenuh tunggal, buah naga sangat baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, kandungan zat antioksidan  mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Buah naga merah Khasiat buah naga merah Manfaat buah naga merah info kesehatan

Berita Lainnya