Atasi Demam Anak, Daun Sangket Masih Dipercaya Masyarakat Tulungagung | Tulungagung TIMES

Atasi Demam Anak, Daun Sangket Masih Dipercaya Masyarakat Tulungagung

Jan 07, 2022 19:38
Daun sangket / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES
Daun sangket / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES

JATIMTIMES - Meski tak seperti dahulu, daun sangket masih digunakan banyak orang untuk memberikan pertolongan pertama jika anak panas dan demam. Di Tulungagung, daun sangket masih mudah dicari, baik di pekarangan atau di kebun dan persawahan.

"Kangge puthu sing semlenget (buat cucu badannya hangat)," kata Hindun (62) nenek di Tulungagung yang membawa daun sangket untuk anaknya.

Baca Juga : Antisipasi DBD, Wali Kota Kediri Ajak Warga Lakukan 'Gertak Nyamuk'

Tak perlu keahlian khusus untuk menurunkan panas anak, menurut Hindun dari waktu ke waktu cukup diremas hingga daun lemas lalu diusapkan di tubuh anak.

"Panasnya akan turun, jika mengigau akan berhenti karena terasa nyaman," ujarnya.

Hindun tidak punya cara lain menggunakan daun sangket itu kecuali yang telah diajarkan leluhurnya itu. "Dulu almarhum ibu jika ngurut bayi selalu menyediakan daun sangket ini," ungkapnya.

Dirangkum dari berbagai sumber, daun sangket memiliki nama ilmiah basilicum polystachyon. Nama umumnya adalah musk basil. Tipe tumbuhan tegak, annual berumur pendek sampai tahunan, ketinggian 40-100 cm. Tipe perawakan adalah habitus, yaitu batang tidak berkayu/terna. Batang persegi, daun berhadapan, bulat telur hingga 5 cm. Bunga dalam kelompok 2-3, kelopak membesar setelah berbunga; corolla lemah berbibir 2, putih, kebiru-biruan atau pucat.

Basilicum adalah genus tanaman di Lamiaceae, pertama kali dideskripsikan pada 1802. Ini berisi hanya satu spesies yang dikenal, Basilicum polystachyon, berasal dari Afrika, Madagaskar, Asia Selatan (Arab Saudi, India, Cina, Indocina, Kalimantan, Filipina, dll), New Guinea, Australia, dan berbagai pulau di Pasifik dan Samudra Hindia.

Baca Juga : Mirip Adegan War Movies, Pria di Tulungagung ini Acungkan Keris dan Ancam Pensiunan Polri

Tanaman sangket merupakan tanaman dari famili Lamiaceae terkenal dengan kandungan senyawa polifenol yang merupakan senyawa aktif untuk menghambat pertumbuhan bakteri, jamur, dan virus. Hasil penelitian sangket mengandung alkaloid, flavonoid, glikosida, saponin, dan tanin.

Tanaman sangketan merupakan tanaman liar yang kaya khasiat. Dalam situs bunga-bunga.co.id, daun sangketan bermanfaat diantaranya mengobati kencing batu, menetralisir racun, mengatasi demam pada anak, mengobati batuk, mengobati migrain, mengobati gondokan, mengobati candidiasis, mengatasi haid tidak teratur, mengobati gatal dan mengatasi bisul.

Sumber: Diolah dari berbagai sumber

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
daun sangket manfaat daun sangket obat alami demam anak obat alami panas pada anak

Berita Lainnya