Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Perubahan Mekanisme Penerimaan Maba PTN 2022, Simak Informasinya

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Dede Nana

07 - Jan - 2022, 19:31

Ilustrasi mahasiswa (pixabay)
Ilustrasi mahasiswa (pixabay)

JATIMTIMES - Mekanisme penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri (PTN) 2022 terdapat perubahan. Saat ini, satuan pendidikan dan siswa harus melakukan registrasi akun pada laman Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) terlebih dahulu melalui https://portal.ltmpt.ac.id

Hal ini berbeda dengan 2021, registrasi akun LTMPT bagi sekolah dan siswa 2022 tidak dilakukan secara bersamaan. Dengan begitu, bisa memberi kesempatan sekolah untuk mendaftar dan mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Baca Juga : HUT PDI Perjuangan ke-49, I Made Cahyana: Kegiatan Akan Disesuaikan dengan Tema

Ketua LTMPT Mochamad Ashari membenarkan hal tersebut melalui rilis Kemendikbud. Pihaknya sejak Desember 2021 telah menyosialisasikan perubahan mekanisme penerimaan mahasiswa baru tersebut di 75 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Akademik jenjang Sarjana dan D4, 11 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dan 39 PTN Vokasi (Politeknik Negeri) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). 

Dijelaskannya, jika registrasi akun LTMPT bagi sekolah dimulai pada 4 Januari 2022. Sementara, untuk registrasi akun LTMPT bagi siswa dimulai pada 10 Januari 2022.  Batas akhir registrasi bakun LTMPT akan berakhir pada 15 Februari 2022.

"Dilanjutkan dengan penetapan siswa yang memenuhi syarat (eligible) oleh sekolah mulai 4 Januari sampai dengan 8 Februari 2022," tuturnya dilansir dari laman resmi Kemdikbud Ristek.

Sementara itu, pengisian PDSS akaan dimulai pada  8 Januari sampai dengan 8 Februari 2022. Untuk pendaftaran SNMPTN akan berlangsung pada 14 sampai dengan 28 Februari 2022. Pengumuman Hasil SNMPTN dijadwalkan pada 29 Maret 2022. Adapun UTBK-SBMPTN tahun 2022 menggunakan komputer dan biaya ditanggung oleh peserta serta disubsidi oleh pemerintah.

Pelaksana tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Ristek, dan Teknologi (Plt. Dirjen Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nizam menambahkan, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan oleh sebagian pihak yang terlibat dalam proses masuk perguruan tinggi, mulai dari wali murid, guru atau orang tua hingga siswa itu sendiri

Baca Juga : Pandemi Covid-19, Pemberian Izin Tinggal Bagi WNA di Wilayah Kantor Imigrasi Malang Turun

“Hal ini tentunya agar lebih bisa menyiapkan pilihan yang sesuai dengan minat. Sehingga dalam perkuliahan ke depannya bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan awal,” ujarnya.

Tahapan mengikuti SBMPTN 2022 diawali dengan registrasi akun LTMPT pada 14 Februari sampai 17 Maret 2022. Pendaftaran UTBK- SBMPTN pada 23 Maret sampai 15 April 2022. Pelaksanaan UTBK-SBMPTN dilakukan dalam dua gelombang di 74 Pusat UTBK PTN.

Gelombang 1 pada tanggal 17 sampai 23 Mei 2022, dan Gelombang 2 pada 28 Mei sampai 3 Juni 2022. Pengumuman hasil seleksi jalur SBMPTN dijadwalkan pada 23 Juni 2022. Masa unduh sertifikat UTBK pada 25 Juni sampai 31 Juli 2022.


Topik

Pendidikan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Dede Nana