06/12/2022 Tradisi Tahun Baru di Tulungagung, Kalian Bakar-bakaran Apa..?? | Tulungagung TIMES

Tradisi Tahun Baru di Tulungagung, Kalian Bakar-bakaran Apa..??

Dec 31, 2021 19:30
Persiapan untuk dibakar di malam tahun baru / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES
Persiapan untuk dibakar di malam tahun baru / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES

Pewarta: Anang Basso | Editor: A Yahya

JATIMTIMES - Semarak jelang pergantian tahun, sudah menjadi tradisi di Tulungagung untuk berkumpul dan mengadakan acara bakar-bakaran. Entah siapa yang memulainya, tradisi bakar-bakaran ini seperti menjadi lagu wajib yang tak lengkap jika tidak dilakukan di pergantian tahun.

Menu pada bakar-bakaran ini pun beragam. Mulai dari membakar daging ayam, ikan laut, ikan tambak hewan peliharaan hingga jagung. Karena itu jangan heran, pada momen pergantian tahun ini, harga daging atau ayam hidup, ikan dan hewan-hewan peliharaan tiba-tiba menjadi mahal.

Baca Juga : Cegah Malapetaka di Pergantian Tahun, Wali Kota Kediri Gelar Khotmil Quran

Sunarti (22) warga yang sejak pagi tampak sibuk mempersiapkan berbagai persiapan mulai dari membuat sambal, menanak nasi hingga meracik lalapan. Sementara, Antono (23) juga terlihat membersihkan bulu ayam yang baru disembelihnya untuk dipanggang pada malam harinya. "Teman-teman sekolah mau datang, ini hasil iuran sukarela," kata Antono, Jumat (31/12/2021).

Bagi Antono, momen tahun baru masih merupakan kesempatan berkumpul dengan teman SMPnya yang sekarang sudah berpisah cukup lama. "Sudah dua kali menggelar acara begini, dulu kurang kompak. Kemudian setelah ada group WA, tahun ini dipastikan lebih kompak lagi," ungkapnya.

Beda dengan kegiatan anak muda, Tahun baru di Tulungagung juga cara mengompakkan lingkungan untuk silaturahmi. "Sudah dari dua hari lalu kita dari mulut ke mulut, kita beritahu akan ada kegiatan kumpul nunggu pergantian tahun," kata Rahmad, ketua lingkungan di wilayah perkotaan ini. 

Jika tahun lalu terpaksa ditiadakan karena pandemi, kini mulai diadakan lagi dengan prokes yang ketat. "Sejak sore sudah ada yang mengantarkan pisang goreng, kue dan minuman. Ayamnya masih disiapkan dan tadi sudah ada yang membelikan arang," ungkapnya. 

Baca Juga : Santuni 271 Anak Yatim akibat Covid-19, Wali Kota Kediri Jamin Pendidikannya hingga SMA

Bakar-bakaran menjadi pilihan acara yang dianggap aman dan lebih bermanfaat dibanding dengan keliling konvoi ke jalanan.

Judul berita Tradisi Tahun Baru di Tulungagung, Kalian Bakar-bakaran Apa..??.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
tradisi tahun baru berita tulungagung

Berita Lainnya