Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Tak Hanya Ampuh untuk Diet, Banyak Manfaat Buah Pisang untuk Cegah Penuaan Dini dan Lainnya

Penulis : Arifina Cahyati Firdausi - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

31 - Dec - 2021, 12:43

Buah pisang. (Foto: source google).
Buah pisang. (Foto: source google).

JATIMTIMES - Buah pisang cukup banyak dikenal menjadi salah satu buah untuk mengatasi diet. Rasanya yang manis dan tak begitu besar bisa dijadikan makanan pengganjal perut.

Tapi, rupanya selain untuk diet, buah warna kuning ini kaya akan berbagai manfaat yang bagus mendukung aktivitas tubuh sehari-hari. Apa saja?

1. Menjaga Kesehatan Jantung dan Tekanan Darah

Baca Juga : Perhutani KPH Jatirogo Serahkan Bibit di Kecamatan Senori Tuban

Masalah hipertensi atau tekanan darah tinggi dan serangan jantung akibat gaya hidup tak sehat cukup menghantui masyarakat saat ini. Nah, dengan mengonsumsi pisang hal itu bisa dicegah. Kandungan kalium yang tinggi dalam pisang berperan penting dalam mengelola tekanan darah yang sehat. Kandungan serat dalam pisang juga membantu mengikis kolesterol jahat (LDL) sehingga turut menurunkan risiko serangan jantung terlebih bagi kalian dengan usia muda.

2. Memelihara Kesehatan Mata

Berbicara kesehatan mata, erat kaitannya dengan mengonsumsi wortel. Tapi, sejatinya, bagi kalian pemuda yang sangat erat berkutat dengan gadget setiap harinya perlu memanfaatkan pisang.

Menurut National Institute of Health, pisang juga memilili kandungan vitamin A yang berfungsi untuk melindungi penglihatan mata agar tetap normal dan meningkatkan penglihatan pada malam hari. Bahkan, pisang punya lima kali lipat vitamin A dibandingkan apel lho.

3. Bikin Kenyang Lebih Lama

Untuk manfaat buah pisang yang satu ini pasti banyak diketahui. Kandungan tinggi serat pada pisang akan membuatmu kenyang lebih lama.

Sehingga, bisa mengontrol keinginan untuk mengonsumsi camilan secara berlebihan. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa kandungan serat pektin dan magnesiumnya dapat membatasi penyerapan lemak dan memecah sel lemak dalam tubuh. Untuk diet, sebaiknya pilihlah buah pisang dengan kematangan hijau kekuningan karena mengandung lebih banyak serat pati.

4. Meningkatkan Daya Ingat

Dalam sebuah studi di Inggris disebutkan, memakan pisang saat sarapan, istirahat, dan makan siang dapat meningkatkan kekuatan otak. Hal ini, karena kandungan potasium dan triptofan dalam pisang yang berperan besar dalam menjaga kekuatan daya pikir dan memori seseorang.

5. Mencegah Penuaan Dini

Tak hanya kesehatan tubuh, rupanya pisang juga ampuh untuk menjaga kulit wajah. Jika kalian rajin mengonsumsi buah pisang, bisa untuk mencegah penuaan dini berupa kulit kusam, flek hitam, dan garis-garis halus atau keriput.

Sebab, satu buah pisang mengandung vitamin A, C, E, karotenoid, dan mangan yang dapat membantu produksi kolagen serta melindungi sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

6. Mengatasi Sembelit 

Baca Juga : Tahun 2021 Aksi Curanmor Dominasi Kasus Kriminal di Kota Malang

Hal ini kiranya juga hal umum ya, jika rutin menambahkan pisang ke dalam menu sarapanmu setiap hari maka akan terhindar dari sembelit. Pisang mempunyai muatan prebiotik sebagai ‘makanan’ untuk bakteri baik dalam usus.

7. Mood Booster

Jangan salah, jika sedang galau atau gelisah, stress, ataupun susah tidur konsumsilah pisang. Buah ini, dikenal sebagai makanan pembangkit mood, lho.

Asam amino triptofan dan vitamin B6 dalam pisang dikenal sebagai bahan pendorong pembuat hormon serotonin dalam otak. Hormon ini berperan penting dalam meningkatkan suasana hati, juga membuat tubuh lebih rileks.

8. Meredakan Nyeri Haid

Tak mau meminum obat-obatan saat sedang nyeri haid, ganti saja dengan makan buah pisang. Kalian bisa memakan 1-2 buah pisang sebagai langkah pertolongan pertama saat nyeri haid menghadang.

National Institutes of Health’s Office of Dietary Supplements menyatakan, pisang kaya akan vitamin B6 yang mampu menurunkan gejala sindrom premenstruasi (PMS), seperti kram perut yang bikin kamu nggak nyaman.


Topik

Kesehatan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Tulungagung Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Arifina Cahyati Firdausi

Editor

Sri Kurnia Mahiruni