Minimalisir Kegiatan di Luar Rumah, Kemendikbudristek Beri Tontonan Menarik Selama Libur Nataru | Tulungagung TIMES

Minimalisir Kegiatan di Luar Rumah, Kemendikbudristek Beri Tontonan Menarik Selama Libur Nataru

Dec 27, 2021 14:23
Cuplikan video dalam Indonesian TV (Indonesia ATV)
Cuplikan video dalam Indonesian TV (Indonesia ATV)

JATIMTIMES - Meminimalisir untuk berkegiatan di luar rumah selama pandemi Covid-19 dan selama liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menawarkan berbagai tayangan seni budaya yang menarik untuk dinikmati.

Kemendikbudristek mengajak masyarakat melalui kampanye #BahagiadiRumah untuk menyaksikan berbagai tayangan seni budaya di rumah dalam menyambut momen libur Nataru sebagai bagian dari upaya bersama menjaga penyebaran virus Covid-19 yang saat ini sudah terkendali,” ujar Direktur Perfilman, Musik, dan Media, Ditjen Kebudayaan, Kemendikbudristek, Ahmad Mahendra pada Silaturahmi Merdeka Belajar yang disiarkan langsung melalui daring.

Baca Juga : Polisi Mulai Cek Vaksin Penumpang Bus yang Masuk Jombang

Untuk itu, masyarakat bisa mengaksesnya melalui Indihome, atau streaming melalui Indonesiana TV. Apa yang disajikan, dalam kanal tersebut, tentunya sangat menarik. Sebab, akan lebih pada membangun dan meningkatkan kreativitas serta inovasi. 

"Kita ingin sampaikan bahwa dengan teknologi, semua itu bisa dilakukan. Karya dan kreasi makin bagus, yang lama bisa disadur ulang, dan lain-lain,” tambahnya.

Pemanfaatan Kanal Indonesiana sebagai kanal pustaka Kemendikbudristek, dikatakan Mahendra, terus memperoleh apresiasi masyarakat. Hingga kini, tercatat 258 ribu orang telah menonton berbagai konten di kanal tersebut selama 81.525 jam. Genre yang tersedia, yaitu 80 persen semua umur dan 20 persen untuk anak-anak. Tentunya, apa yang disajikan mengangkat kebudayaan yang berkembang di seluruh Indonesia.

“Tahun depan kita akan terus tingkatkan kualitasnya. Terobosannya agar masyarakat berbahagia di rumah. Tahun depan kita mengupayakan agar Kanal Indonesiana TV bisa tayang di luar negeri. Saat ini kita sedang menerjemahkan semua tayangan kita ke Bahasa Inggris, Bahasa Spanyol, dan sebagainya,” kata dia.

Baca Juga : Kaleidoskop Kota Malang: Banjir, Penganiayaan, hingga Kasus Persetubuhan Anak di Bawah Umur

Upaya untuk menghadirkan dan tayangan yang bisa dinikmati di daerah 3 T juga dilakukan. Hal ini dilakukan dnegan bekerjasama dengan berbagai pihak baik lokal maupun hingga upaya kerjasama dengan luar negeri.  Penjajakan kerjasama saat ini juga sudah dilakukan dengan Timor Leste, Korea Selatan, Venezuela, dan Amerika Selatan.

"Kanal Indonesiana TV akan memudahkan siapa pun untuk mendapat konten seni budaya dengan mudah, murah, cepat, dan akurat. Kita buka akses seluas-luasnya untuk memberikan literasi budaya kepada masyarakat. Kita perkuat diskusi terkait berbagai konten budaya, nonton bareng (nobar), dan lomba-lomba yang nanti tayang langsung di Indonesiana TV untuk memancing keterlibatan masyarakat di masa mendatang,” tegas Mahendra. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
indonesiana tv kanal indonesiana tv Kemenristekdikti kemendikbudristek

Berita Lainnya